Aktivis Muda Sula Dukung Zulfahri Jadi Bupati Kepulauan Sula 2020-2025

oleh -222 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Pilkada Kabupaten Kepulauan Sula 2020 nampaknya semakin sengit dan mengerucut pada tiga sosok calon bupati.

Amatan porostimur.com, dari berbagai diskusi baik formal maupun informal, hanya tiga nama yang kini menguat, yakni Nurohmah AHM, Hendrata These dan Zulfahri Dilansir

Hendrata dan Zulfahri adalah pasangan bupati dan wakil bupati saat ini, sedangkan Nurohmah merupakan istri mantan bupati Kepulauan Sula Ahmad Hidyat Mus yang kini tersangkut perkara korupsi.

Dari ketiga figur tersebut, kalangan muda di Sula kemudian memilih posisi untuk mendukung Zulfahri Duwila.

Link Banner

Salah seorang inisiator gerakan “Bakalif Bo Pia Sua” Ikhy S Tukuboya, kepada wartawan di Sanana, Santa (7/9) menjelaskan, langkah yang diambil oleh kalangan muda yang terdiri dari akademisi, aktivis dan mahasiswa ini, didasari atas keprihatinan yang mendalam terhadap kondisi kekinian di Kabupaten Kepulauan Sula.

Baca Juga  Malam Ini, Italia dan Belanda Berlaga di UEFA Nations League

Mantan Sekretaris HMI-MPO Cabang Manado ini mengatakan, sejak dimekarkan 16 tahun lalu, Kabupaten Kepulauan Sula belum pernah dipimpin oleh orang Sula asli. Hal ini menurutnya kemudian berimplikasi pada semua aspek kehidupan masyarakat.

“Kita lihat dan rasakan sendiri, bahwa identitas orang Sula semakin tergerus dari waktu ke waktu. Miras, narkoba, togel, bahkan korupsi merajalela”, ucapnya.

Ikhy Tukuboya uga mengatakan, identitas Sula adalah Islam, namun yang terjadi kini masjid dan mushola kosong, sementara maksiat kian merajalela.

Oleh sebab itu, solusinya adalah memperjuangkan anak adat, orang Sula asli untuk memimpin Kapupaten Kepulauan Sula.

“Sebagai kaum muda, kami mendukung saudara Zulfahri Duwila untuk menjadi Bupati Kepulauan Sula. Ini komitmen kami kepada Hai Poa Bai untuk mengembalikan kepemimpinan di tangan orang Sula asli”, pungkasnya. (raka)