Aktivitas Gunung Gamalama Meningkat, Status Waspada!

oleh -17 views

Porostimur.com, Ternate — Aktivitas Gunung Api Gamalama pada pertengahan Maret 2024 meningkat bila dibandingkan dengan periode bulan sebelumnya.

Di tengah musim hujan yang sedang melanda Indonesia, masyarakat di aliran sungai yang berhulu di gunung api tersebut diiimbau agar siaga menghadapi risiko aliran lahar. Kewaspadaan penting karena secara umum, jumlah gempa di Indonesia terus meningkat.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Gamalama Dedi Nurani, mengatakan, hasil analisis kegempaan periode 1-15 Maret 2024 menunjukkan, ada peningkatan jumlah gempa di gunung tersebut bila dibandingkan dengan periode 16-29 Februari 2024.

Selama periode Maret 2024 tersebut, tercatat 56 kali gempa vulkanik, 32 kali gempa hembusan, dan 52 kali gempa hybrid.

Selain itu, terjadi pula 54 kali gempa tektonik lokal, 166 kali gempa tektonik jauh, dan satu kali gempa getaran banjir.

Baca Juga  Memaknai Pasar Bebas Dalam Proses Marketing Politik

Peningkatan Gempa Vulkanik Dalam ini yang menunjukan peningkatan tekanan dalam tubuh Gunung Gamalama akibat meningkatnya aktivitas magmatik, namun hingga saat ini gempa-gempa permukaan masih belum terekam.

Seiring dengan peningkatan aktivitas Gamalama, ujar Dedi, pihaknya telah mengeluarkan imbauan untuk menutup sementara jalur pendakian ke puncak gunung tersebut. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi jatuhnya korban jika sewaktu-waktu terjadi erupsi.

No More Posts Available.

No more pages to load.