Aliansi Suara Rakyat Desa Waikafia Gelar Unjuk Rasa Terkait Pengelolaan DD-ADD

oleh -465 views
Link Banner

Porostimur.com |Sanana: Aliansi Suara Rakyat Desa Waikafia, melakukan aksi damai, menuntut kepada Kepala Desa Waikafia Risman Umanailo agar transparan dalam pengelolaan Anggaran DD dan ADD, Selasa (19/5/2020).

Aksi yang dilakukan oleh Himpunan Pelajar Mahasiswa Waikafia, para alumni HPMW dan masyarakat itu dipicu sikap kepala desa dianggap tidak transparan dalam pengelolaan DD/ADD.

Warga mendesak kepala desa agar segera mempertanggung jawabkan pengelolaan DD/ADD kepada masyarkat dengan melakukan rapat umum sehingga adanya transparansi dalam pengelolaan.

Dalam aksi damai ini, Aliansi Suara Rakyat Waikafia juga mendesak Ketua BPD Waikafia Kamil Umanailo agar menggunakan fungsinya sebagai Ketua BPD untuk mengontrol kinerja pemerintah desa.

Koordinator aksi, Munawan Umagapi mengatakan, selaku lembaga pengawasan, BPD seharusnya tidak boleh tinggal diam ketika ada keluhan dari masyarakat terkait tidak adanya transparansi dalam pengelolaan Dana Desa.

Baca Juga  Tradisi Pukul Sapu Mamala/ Morela Digelar Hari ini Secara Tertutup

“BPD tidak boleh tinggal diam ketika ada dugaan penyimpangan dalam pengelolaan DD maupun ADD. BPD semestinya responsif terhadap keluhan keluhan Masyarakat,” kata Umagapi.

“Cara meresponnya adalah meminta kepada kepala desa untuk melakukan Rapat Umum sehingga semuanya menjadi terang berderang. Jangan membiarkan seolah-olah tidak terjadi apa apa”, imbuhnya.

Munawan Umagapi bilang, kalau BPD terus bersikap seperti itu maka jangan salahkan, jika warga melakukan aksi dan menganggap BDP main mata dengan kepala desa.

Warga yang melakukan aksi dengan berjalan kaki menuju ke kantor desa sambil membentangkan spanduk bertuliskan poin-poin penuntutan kepada kepala desa dan BPD. (red/ifo)

Berikut Butir-butir Tuntutan Aliansi Suara Rakyat Desa Waikafia:

Baca Juga  Hingga Rabu Sore Kemarin, Jumlah Pengungsi Gempa Maluku Masih 103.327 Jiwa

HPMF, Alumni HPMF, Pemuda/Pemudi dan Masyarakat Desa Waikafia

  1. Meminta kepada BPD melakukan pertemuan terbuka (rapat umum) dengan mesyarakat
  2. Meminta agar DD yang di alokasikan penanganan covid-19 harus efektif.
    a). Aktifkan tiap posko 24 jam
    b). Pembagian masker secara merata, menyiapkan kran air mengalir dan sabun cuci tangan di setiap pelabuhan long boot.
  3. Meminta agar pemdes trasparansi dan memberikan penjelasan tentang penyaluran BLT Dana Desa secara jelas kepada masyarakat
  4. Meminta agar pemdes inisiatifkan dalam penyaluran BLT Dana Desa agar terbagi secara merata kepada masyarakat.