Alien Mus Minta Pemerintah Lebih Serius Tangani Coronavirus

oleh -78 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Daerah Pemilihan Maluku Utara, Alien Mus, mengajak masyarakat untuk tidak memandang remeh isu penyebaran wabah virus corona atau covid 19.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara itu, mengingatkan pemerintah dan masyarakat di Maluku Utara untuk tetap waspada. Terutama dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

“Kalau ada yang merasakan demam, flu disertai batuk dan sesak nafas, sampai 3 hari belum sembuh, maka sebaiknya diperiksa ke dokter,” kata Alien.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk tetap berdoa dan berikhtiar agar dijauhkan dari penyakit tersebut. “Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT,” ucap Alien.

Alien Mus bilang, pemerintah perlu meningkatkan beberapa hal dalam mengantisipasi meluasnya coronavirus. Misalkan saja menyiapkan mitigasi ataupun merealisasikan protokol yang sudah disepakati bersama.

Baca Juga  Usman Sidik Pastikan Menang 90 Persen di 32 Desa Makayoa

Seperti diketahui, pemerintah telah mengeluarkan lima protokol dalam menangani coronavirus.

Protokol tersebut mencakup protokol kesehatan, protokol komunikasi, protokol pengawasan perbatasan, protokol area pendidikan, protokol area publik dan transportasi.

Menurut politikus Partai Golkar ini, semua protokol tersebut harus dikawal implementasinya.

“Harus dipastikan terealisasi. Jangan sampai tidak ada monitoring. Ini kan pelaksanaannya tidak di pemerintah. Melainkan ada di sekolah, lembaga pendidikan, perkantoran, gedung-gedung, area publik, area transportasi. Itu  semua harus ada yang memantau atau memastikan semua protokol berjalan dengan baik,” urai Alien Mus saat dihubungi porostimur.com, Kamis (12/3/2020).

Dia menambahkan, pembaruan informasi terkait perkembangan virus korona di Maluku Utara secara periodik belum terlihat. Bahkan, informasi penting yang seharusnya dari pemerintah itu disebut kalah cepat dengan penyebaran berita hoaks.

Baca Juga  BMKG Ingatkan Potensi Hujan Intensitas Tinggi di Sejumlah Wilayah

“Bertambahnya pasien positif virus korona dan angka kematian gara-gara virus tersebut, harusnya membuat kita lebih cepat dan tepat secara serius dan penyiapan ruangan-ruangan serta sarana khusus di RS ditunjuk harus dipastikan semua ready menerima pasien suspected virus korona,” lanjutnya.

Dilansir dari golkarpedia, Alien juga menyoroti ketersediaan peralatan medis yang bisa digunakan untuk mencegah penyebaran virus korona, seperti masker.

“Penyediaan masker secra gratis atau dengan harga murah juga harus menjadi terhadap jawaban pemerintah, mengingat mulai langka dan mahal harga masker,” terangnya. (red/rtm)