Alim Sudio Ungkap Sulitnya Tulis Skenario Film Buya Hamka

oleh -34 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Buya Hamka adalah film drama biografi Indonesia tentang Abdul Malik Karim Amrullah atau Hamka, seorang ulama Indonesia.

Film ini disutradarai oleh Fajar Bustomi dan dibintangi oleh Vino G Bastian sebagai Hamka.

Diketahui, Buya Hamka telah memulai pengambilan gambar pada 1 April 2019 dan menurut rencana akan ditayangkan pada awal 2021.

Penulis naskah skenario film ini, Alim Sudio mengungkap hal sulit yang ia temukan saat menggarap Buya Hamka.

“Prosesnya memang panjang dan menuntut ketelitian,” kata Alim dalam Virtual Press Conference Mentorship #StarScriptHunt, Kamis (17/12/2020).

“Kami harus bertemu banyak orang, harus riset mendalam, baca sumber satu dan lainnya, jadi challenge-nya itu,” lanjut Alim.

Buya Hamka dikenal sebagai tokoh ulama dan sastrawan Indonesia.

Baca Juga  Puisi-Puisi Marjorie Amal

Karyanya yang terkenal, yakni novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck.

Banyak sekali persepsi yang ditemukan oleh Alim Sudio ketika menggarap naskah film salah satu tokoh besar Tanah Air ini.

“Karena tiap orang punya persepsi masing-masing tentang Buya Hamka. Persoalannya, bukan cuma topik yang menantang, tapi bisa datang dari waktu, kecocokan sutradara, dan lain-lain,” tutur Alim.

Sebagai informasi, film ini didukung oleh sederet pemeran terkenal Tanah Air, di antaranya Laudya Cynthia Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Ayudia Bing Slamet, dan Ben Kasyafani.

Direncanakan, film Buya Hamka akan hadir pada Januari 2021. (red/kompas)