Alip Ba Ta: Jago Fingerstyle yang Dipuji Musisi Dunia

oleh -154 views
Link Banner

Porostimur.com | Ponorogo: Nama Alip Ba Ta harum sampai ke mancanegara karena kepiawaiannya bermain gitar akustik. Bagi yang belum tahu, Alip Ba Ta adalah nama yang dipakai di media sosial oleh seorang lelaki bernama Alief Gustakhiyat.

Sosok Alief sebenarnya sudah diperbincangkan warganet sejak akhir tahun lalu. Tapi sampai sekarang, pamornya tak pernah pudar.

Alip Ba Ta mencuri perhatian gara-gara permainan gitar ala fingerstyle-nya yang memukau. Aksinya memainkan lagu Indonesia maupun mancanegara kerap diunggah di channel Youtube beralamat Alip_Ba_Ta.

Yang unik dari Alip Ba Ta, dirinya tak pernah mengajak penonton untuk subscribe, like, dan share — hal yang dilakukan oleh sebagian besar Youtuber. Di awal video, Alief tanpa basa-basi langsung beraksi dengan gitar akustiknya. Ya, Alief tak pernah bicara di dalam video.

Alief Gustakhiyat atau Alip Ba Ta [Youtube/Alip_Ba_Ta]
Alief Gustakhiyat atau Alip Ba Ta [Youtube/Alip_Ba_Ta]

Ekspresi datar Alief saat bermain gitar juga jadi sorotan. Ciri khas lainnya, lelaki asal Ponorogo itu di dalam video selalu mengenakan pakaian sederhana: kaos dan celana pendek.

Baca Juga  Perasaan Harry Truman saat Bom Nuklir Dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki

Kesederhanaan Alief juga tampak dari tempat atau ruangan dia merekam aksinya. Asbak, rokok, dan segelas kopi yang diletakkan sisi kirinya tempat dia duduk lesehan juga seperti jadi properti wajib dalam tiap video yang diunggah.

Alief diketahui bekerja di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Dia adalah seorang operator forklift, sebuah alat atau kendaraan yang digunakan untuk mengangkat beban-beban berat. Dunia pekejaannya yang jauh dari bidang musik membuat banyak orang terkejut.

Banjir pujian

Aksi Alief bermain gitar memantik sederet musisi lokal maupun luar negeri untuk bereaksi. Addie MS misalnya pernah unggah video Alief lewat Twitter pada September 2019.

Video yang diunggah perlihatkan Alip Ba Ta saat memainkan lagu No Women No Cry milik Bob Marley. Di caption, Addie memuji dan bertanya siapa lelaki misterius tersebut. Dari situ, banyak warganet yang memberikan informasi pada Addie MS.

Baca Juga  Mesra di DPW NasDem Malut, Zulfahri Duwila Yakin Dapat Rekomendasi
Addie MS [Suara.com/Wahyu Tri Laksono]
Addie MS [Suara.com/Wahyu Tri Laksono]

Sederet musisi dunia juga terpukau dengan permainan gitar Alip Ba Ta. Bahkan musisi sekelas Brian May, gitaris band legendaris Queen, sampai dibuat kepincut.

May pernah unggah video Alip Ba Ta lewat akun Facebook pribadinya. Dia terkesan dengan permainan gitar yang meng-cover Bohemian Rhapsody, salah satu lagu ikonik milik Queen.

Di keterangan unggahan tersebut, May juga membawa-bawa profesi Alief sebagai operator forklift. Ya, mungkin saja dia juga tak menyangka bidang pekerjaan Alief sama sekali tak berhubungan dengan kemahirannya bermain gitar bergaya fingerstyle.

Gitaris Queen, Brian May [shutterstock]
Gitaris Queen, Brian May [shutterstock]

Akun resmi Facebook Queen diketahui juga pernah unggah video Alief memainkan lagu Love of My Life.

Pujian buat Alip Ba Ta juga pernah datang dari gitaris Igor Presnyakov alias Uncle Igor dan Fun Two. Keduanya mampir di kolom komentar unggahan video yang diunggah.

Baca Juga  Charlie Hebdo, Emmanuel Macron, dan Kartun Nabi Muhammad

Tak ketinggalan, ada juga gitaris grup band Avenged Sevenfold Synyster Gates. Dia unggah aksi Alief di Instagram Stories dengan memberikan pujian. (red/rtm/suara)

https://youtu.be/0mqamCJ8opQ