All New Avanza Resmi Meluncur: Kini Berpenggerak Roda Depan, Ada Empat Tipe

oleh -53 views
Link Banner

Porostimur.com – Jakarta: PT Toyota Astra Motor (TAM) menunaikan janjinya meluncurkan model terbaru All New Avanza di pasar Indonesia bersamaan dengan peluncuran All New Veloz hari ini, Rabu (10/11/2021) atau sehari menjelang pembukaan pameran otomotif GIIAS 2021.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan, All New Avanza menggunakan platform baru bermesin depan dengan penggerak roda belakang alias tidak lagi menggunakan penggerak roda belakang seperti dua generasi Avanza terdahulu.’

TAM menyebutnya dengan istilah transformasi Platform Full Engine – Front Wheel Drive (FF) yang benar-benar baru.

Anton menjelaskan, platform FF ini dikombinasikan dengan New Comfortable Suspension dengan mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang serta karakteristik kecepatan spring rate dan damper memungkinkan tim engineer Toyota memiliki ruang untuk menciptakan mobil baru yang ditujukan untuk kenyamanan.

All New Avanza2
All New Avanza

All New Avanza diklaim mampu memberikan stabilitas pengendalian serta kenyamanan berkendara yang prima yang diperkuat dengan dimensi bodi yang lebih lebar dan jarak sumbu roda yang lebih panjang.

Pengaturan suspensi baru ini juga menjanjikan pengalaman berkendara yang lebih halus dan senyap, namun tetap menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan di berbagai kondisi jalan.

All New Avanza sendiri mengusung tema “mudah dikendarai dimana saja, kapan saja, dan untuk siapa saja” dengan radius putar 4,9 meter dan ground clearance memadai.

Empat Tipe

All New Avanza ditawarkan dalam empat tipe yaitu 1.3 E M/T, 1.5 G M/T, 1.5 G CVT dan 1.5 G CVT TSS (Toyota Safety Sense).

Anton menjelaskan, All New Avanza hadir dengan arah desain yang benar-benar baru, yang menonjolkan nuansa canggih dan dinamis sebagai representasi dari era baru mobilitas, namun tetap menunjukkan visual yang kuat dari sebuah MPV keluarga.

Bangku tengah All New Avanza
Bangku tengah All New Avanza bisa dilipat flat.

Kesan kokoh tercipta dari desain bumper depan yang bold dengan desain headlamp LED yang tajam dan panel chrome yang semuanya didesain untuk mempertegas kesan elegan dan aktif dari All New Avanza.

Baca Juga  Habis Hutan di Barat, Deforestasi Merambah Indonesia Bagian Timur

Siluet bodi All New Avanza dari samping lebih panjang dan rendah. Dibentuk dengan garis desain yang halus, tebal, dan kokoh membuat tampilannya semakin elegan.

Penerapan New Dashing Two Tone 16 Inch Alloy Wheel (1,5 G) dengan tema 3 dimensi kontemporer, juga mampu menonjolkan kesan premium All New Avanza.

Eksterior All New Avanza dilengkapi New Fascinating LED Rear Combination with Backdoor Lamp membuat All New Avanza tampil lebih modern dan lebar.

Desain Ala SUV

Anton tak menampik, All New Avanza memiliki desain yang lebih mendekati SUV ketimbang MPV seperti dua generasi terdahulu. Menurut Anton, desain tersebut mengacu pada masukan konsumen Toyota selama ini.

All New Avanza memiliki dimensi lebih panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi hingga 1.700 mm, sedangkan wheelbase 2.750 mm.

Dimensi baru yang lebih lebar dan lebih panjang ini membuat All New Avanza mampu menghadirkan 7 Seaters yang lebih nyaman dan ekstra luas.

Bangku tengah All New Avanza2
Bangku tengah All New Avanza bisa dilipat flat.

Jarak antara penumpang baris pertama dan kedua di All New Avanza adalah 980 mm, sementara jarak antara penumpang baris kedua dan ketiga adalah 700 mm.

Gerak maju mundur 240 mm pada kursi baris kedua, dipadu dengan lebar mobil yang ditambah 70 mm, membantu memastikan 7 penumpang dapat duduk dan berinteraksi dengan nyaman di All New Avanza tanpa merasa terkendala.

All New Avanza juga dirancang untuk memiliki konfigurasi yang fleksibel sesuai kebutuhan pelanggan, bahkan dapat disesuaikan menjadi New Pleasant Long Sofa Mode untuk memberikan ruang yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

Interior nyaman dan premium All New Avanza dihadirkan melalui New Striking Full Dashboard Design (1,5 G) yang disertai panel instrumen yang dapat memberikan berbagai informasi melalui New TFT MID 4,2 Inch.

Terdapat pula New Illuminating Start/Stop Button yang memberikan kenyamanan bagi pengemudi saat mengoperasikan mesin kendaraan, bahkan dalam kondisi gelap.

Baca Juga  Komnas HAM: Investigasi Kematian Laskar FPI Sudah 50 Persen

Fitur Hiburan

All New Avanza kini menghadirkan New 9 Inch Dynamic Audio Head Unit (1,5 G) dengan kemampuan menjadi fasilitas hiburan terbaik yang juga dapat dihubungkan dengan radio, USB, dan Bluetooth.

Selain itu, All New Avanza juga hadir dengan fitur New Tilt Telescopic Steering with Audio & MID Switch (1,5 G) untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana di sisi setir.

Fitur All New Avanza
All New Avanza dilengkapi fitur hiburan New 9 Inch Dynamic Audio Head Unit (1,5 G) yang bisa terhubung dengan radio, USB, dan Bluetooth.

Kabin All New Avanza memanjakan pengemudi dan penumpang dengan sentuhan fitur modern dan berkelas.

Fitur Keamanan: 6 Airbag

Fitur keamanan seperti Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist menjadi standar baru di semua model Toyota, terutama pada All New Avanza yang juga diperkuat dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

All New Avanza (1,5 G CVT TSS) dilengkapi dengan 6 Airbags pada sisi pengemudi, penumpang, samping dan tirai.

Selanjutnya terdapat fitur Rear Crossing Traffic Alert yang memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan saat mobil mundur dan fitur Blind Spot Monitoring yang memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area blind spot All New Avanza.

All New Avanza (1,5 G CVT TSS) dilengkapi dengan teknologi fitur keselamatan aktif terbaru yang mengandalkan sensor dan radar yaitu Toyota Safety Sense (TSS).

TSS pada All New Avanza terdiri dari empat (4) fitur keselamatan.

Fitur pertama adalah Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan.

Lalu ada fitur Pedal Missoperation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Baca Juga  Foto Viral Obama Rangkul Biden: Selamat Sobatku, Ini Waktumu

Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan, dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus.

Fitur selanjutnya adalah Front Departure Alert yang memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan.

Dua Pilihan Mesin

All New Avanza hadir dengan dua mesin seri NR yang telah ditingkatkan untuk menghadapi platform FF baru. Mesin 1NR-VE 1.329 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 12,4 Kgm dan 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm.

Penerapan teknologi Dual VVT-i telah terbukti andal dan tahan lama dalam menghasilkan tenaga yang memadai dengan efisiensi bahan bakar yang optimal di berbagai kondisi jalan.

Mesin ini juga disempurnakan dengan New CVT Transmission. Transmisi baru ini dilengkapi dengan split gear baru yang dikembangkan untuk memberikan rasio gigi yang lebih lebar guna menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus serta pengalaman jelajah yang senyap.

Anton mengaku terlibat dalam proses pengembangan Avanza sejak generasi pertama.

“Bersama tim, kami melakukan serangkaian survei dan tes di berbagai lokasi di Indonesia. Dari situ, kami memahami bahwa masyarakat Indonesia membutuhkan mobil yang andal, tahan lama, dan value for money. Kami menyadari bahwa DNA ini harus dilestarikan,” ujarnya.

Meskipun All New Avanza dilengkapi dengan berbagai teknologi baru dan lebih canggih, All New Avanza tetap mempertahankan DNA-nya untuk memberikan nilai lebih bagi pelanggan.

“Kami harap All New Avanza dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat modern terhadap mobil yang lega dan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh anggota keluarga,” kata Anton Jimmi Suwandy.

(red/tribunnews)

No More Posts Available.

No more pages to load.