oleh

Alumni STM Negeri Ternate Angkatan 92 Sumbang Komputer untuk Almamater

Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Forum Silaturahmi Alumni (Forsa) Sekolah Menengah Kejuruan (STM Negeri Ternate angkatan tahun 1992 memberikan bantuan dua unit Personal Computer (PC) kepada SMK Negeri 2 Ternate.

Koordinator Forsa STM Negeri Ternate angkatan 1992, Farida Badilla menjelaskan, bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian terhadap kelangsungan atau skill kelulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai tuntutan dunia usaha.

Link Banner

Penyerahan bantuan yang berasal dari para alumni angkatan tahun 1992 diterima oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Ternate, Drs. Kamarudin Ahmad MM, bertempat di ruang kerjanya, Senin (24/2/2020).

Kepada media pers Farida mengatakan, setelah melakukan rangkaian acara reuni akbar sejumlah alumni dari berbagai angkatan melihat menimnya perhatian pemerintah daerah terhadap SMK terutama fasilitas pendukung.

Oleh karena itu, seluruh alumni bersepakat untuk membantu sejumlah fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar.

“Padahal SMK diharapkan menciptakan tenaga kerja yang siap sebagaimana tuntutan industry saat ini, kami meras terpanggil untuk membantu agar kelangsungan SMK yang menghadirikan tenaga siap pakai,” katanya.

Farida bilang, saat ini pemerintah sedang meningkatkan kualitas SMK sebagai bentuk jawaban tuntutan perkembangan teknologi terutama kalangan industri dan salah satu sebabnya adalah keahlian atau skill yang perlu ditingkatkan.

“Program nawacita Jokowi salah satunya melalui SMK, sementara minim kepedulian pemerintah daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepsek SMK Negeri 2 Ternate, Kamarudin Ahmad menegaskan, SMK Negeri 2 Ternate telah masuk standar nasional hanya saja tidak diimbangi dengan dukungan peratan sarana yang sebagaimana tuntutan dunia kerja.

“Terbatasnya fasilitas seperti alat praktik dan laboratorium termasuk dukungan komputer karena era saat ini semuanya menggunakan digital,” katanya.

Sebab lanjut Kamarudin, saat ini SMK Negeri 2 Ternate telah membangun jaringan dengan sejumlah perusahaan dan dunia usaha, sehingga lulusan SMK langsung dapat diakomodir untuk bekerja.

Untuk menjawab hal tersebut, SMK Negeri 2 Ternate terus meningkatkan kualitas atau skill lulusan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Mereka harus memberikan kepercayaa serta kesempatan bagi lulusan SKM utuk diterima di perusahaan. Sebab mereka sudah dan memiliki kemampuan yang mumpuni.

“Diharapkan melalui pengembangan SMK, tingkat pengangguran dapat ditekan. Karena berbeda dengan pendidikan SMA, pendidikan SMK didasarkan pada kurikulum yang membekali lulusannya dengan keterampilan tertentu untuk mengisi lapangan kerja atau membuka lapangan usaha,” pungkas Kamaludin.

Selian angkatan 92, sejumlah alumni akan memberikan bantuan sesuai dengan kebutruhan sekolah saat ini yakni 12 buah PC untuk raung praktek beberapa jurusan di SMK Negeri 2 Ternate. (red)

Link Banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed