Amankan perbatasan RI-TL, Pangdam Merdeka inspeksi ke Yonif 715

oleh -75 views
Link Banner

@Porostimur.com | Manado : Gelar kesiapan pasukan, merupakan salah satu upaya komando untuk mengecek dan memastikan sejauh mana kesiapan Kesatuan tugas (Satgas) Batalyon Infantri (Yonif) 715/Motuliato untuk menjalankan tugas negara.

Tepatnya, menjaga dan mengamankan perbatasan darat Indonesia (RI) dengan Republik Demokrat Timor Leste (RDTL) yang berada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal ini ditegaskan Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayjen TNI Ganip Warsito,SE,MM, saat melakukan inspeksi kesiapan Yonif 715/Motuliato untuk operasi pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-RDTL, di Markas Komando (Mako) Yonif 715/Motuliato, Kolonino Gorontalo, Selasa (19/12).

”Perbatasan darat Indonesia – Timor Leste merupakan salah satu titik rawan yang harus dikontrol dengan sebaik-baiknya guna menjaga martabat dan harga diri bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan cinta damai,” ujarnya.

Meskipun berbeda kewarganegaraan, jelasnya, namun warga Indonesia yang mendiami bagian timur Pulau Timor maupun warga Timor Leste yang mendiami bagian barat Pulau Timor, sama-sama merasakan masih merupakan satu keluarga dan suku bangsa.

Baca Juga  Tim Satgus Covid-19 Desa Koititi Tidak Bekerja, Ini Penjelasan BPD

”Hal ini tentunya mengundang berbagai kerawanan yang mungkin tidak disadari oleh mereka, baik yang berkaitan dengan bidang pertahanan, hukum, ekonomi maupun keamanan,” jelasnya.

Untuk itu, masing-masing aarat TNI diingatkannya untuk memberikan atensi atas kemungkinan terjadinya penyelundupan senjata api, narkoba, pelintas batas ilegal, illegal logging dan pemindahan patok batas negara, maupun oknum beragenda tertentu yang mungkin dapat mengganggu stabilitas keamanan dalam negeri Indonesia.

”Saya sungguh berharap bahwa kalian, para prajurit Motuliato, dapat menjalankan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Tunjukkan bahwa kalian adalah Prajurit Kodam XIII/Merdeka yang dapat diandalkan untuk menjalankan tugas negara dengan penuh semangat dan dilandasi sikap disiplin yang tinggi,” pungkasnya. (ardan gala)