Ambon Berhasil Kaluar dari Zona Merah, PSBB Bisa Cepat Berakhir. ini Syaratnya!

oleh -323 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kota Ambon kini telah keluar dari zona merah penyebaran Covid-19.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengungkapkan status zona merah yang disandang Kota Ambon selama ini akhirnya berubah menjadi zona oranye berkat kerja keras pemerintah Kota Ambon dan gugus tugas serta dukungan dari semua elemen masyarakat di Ibu Kota Provinsi Maluku tersebut.

Penurunan status Kota Ambon dari zona merah ke zona oranye, lanjut Richard, disampaikan langsung oleh gugus tugas nasional percepatan penanganan Covid-19 kepada dirinya sore tadi.

“Barusan tadi sore saya diberitahukan langsung oleh tim gugus tugas nasional ada 17 kabupaten kota yang keluar dari zona merah dan Kota Ambon salah satunya,” kata Richard, melansir Kompas.com, Selasa (7/7/2020).

Pemerintah Kota Ambon sendiri menurut Richard telah memprediksi Ambon akan segera keluar dari zona merah.

Baca Juga  Assagaff salut, Yayasan Poitek limpahkan tanah ke Pemprov Maluku

Sebab, sejak 28 Juni lalu reproduction number (RO) Kota Ambon telah turun pada level 1,52 dari sebelumnya yang mencapai 2,2.

“Jadi, memang sudah diprediksi sebelumnya karena hanya selisih 02 saja, kita sudah bisa ke luar dari zona merah,” katanya.

Richard bilang, keberhasilan Kota Ambon keluar dari zona merah penyebaran Covid-19, berkat kerja keras pemerintah Kota Ambon selama ini dalam memutus rantai penyebaran corona di Kota Ambon, mulai dari PKM hingga dilanjutkan dengan PSBB.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Ambon karena berkat dukungan mereka, Ambon bisa keluar dari zona merah menuju zona oranye,” kata Richard.

“Sekali lagi kebijakan yang kami ambil tidak sia-sia dan itu semua karena masyarakat mendukung penuh,” imbuhnya.

Baca Juga  Kapolda Papua Akui, 2 OAP dan 1 Anggota TNI Tewas di Deiyai

Richard optimis, dengan tingkat kesadaran masyarakat yang sudah sangat tinggi, tidak menutup kemungkinan Kota Ambon akan lebih cepat menuju zona kuning.

Ia juga mengaku saat ini laporan kasus baru Covid-19 semakin melandai, dan apabila dalam sepekan kedepan kondisinya semakin baik lagi, maka selaku pimpinan Kota Ambon ia akan mengambil kebijakan dengan menurunkan penanganan Covid-19 di Ambon menjadi PSBB transisi.

“Kami lihat dalam minggu ini kalau membaik selaku Wali Kota Ambon saya akan ambil kebijakan turunkan status PSBB ke PSBB transisi, agar aktivitas masyarakat maupun aktivitas ekonomi bisa kembali hidup. Jadi, kalau situasi membaik PSBB tidak sampai 2 minggu lagi,” pungkasnya.