Amin Drakel Dituntut 3 Bulan Penjara

oleh -114 views
Link Banner

Porostimur.com, Ternate – Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara, Amin Drakel, dituntut JPU 3 bulan penjara dalam kasus informasi dan transaksi elektonik (ITE).

Sidang tuntutan terhadap politikus PDI Perjuangan ini digelar Pengadilan Negeri Ternate yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Achmad Ukayat didampingi dua hakim anggota, Budi Setiawan dan Ferdinal, Kamis (16/12/2021).

JPU Mokhsin dalam tuntutannya mengatakan, Amin telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik, sebagaimana dalam dakwaan tunggal.

“Terdakwa diancam pidana dalam Pasal 45 ayat (3) junto Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE,” ungkap Mokhsin.

Atas dasar itu, terdakwa Amin dituntut pidana penjara selama 3 bulan. Bahkan, JPU juga meminta terdakwa ditahan.

Baca Juga  Kepingan Pesawat Berjatuhan di Langit Italia seperti Hujan Besi

Kuasa hukum Amin, Fadly S Tuanany, usai persidangan mengatakan pihaknya akan mengajukan pembelaan secara tertulis.

“Kami kuasa hukum akan ajukan pembelaan secara tertulis,” katanya singkat.

Sidang lanjutan akan digelar kembali pada Kamis (23/12) dengan agenda pembelaan/pledoi dari terdakwa melalui kuasa hukumnya.

Amin sendiri diperkarakan salah satu warga yang tak terima dituding mencuri perhiasan oleh Amin. Tudingan itu dilontarkan melalui media sosial facebook.

(red/tsc)