AMIN-Jalan Baru Menuju Perubahan Indonesia

oleh -65 views

Oleh: Dr. Heri Solehudin Atmawidjaja, Dosen Pascasarjana Uhamka Jakarta, Wakil Ketua Forum Doktor Sospol Universitas Indonesia

Beberapa saat yang lalu kita telah sama-sama simak live event Deklarasi Bakal Calon Presiden dan Bakal Calon Wakil Presiden Koalisi Perubahan yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang berlangsung di Hotel Majapahit Surabaya. Bagi sebagaian orang bahkan para analis politik tentu ini merupakan peristiwa politik yang mengejutkan (unpredictable), akan tetapi bagi langkah Ketua Umum Partai NasDem Bang Surya Paloh yang memasangkan Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar adalah langkah politik yang sangat dapat dijelaskan secara rasional.

Insting politik ini tidak muncul secara tiba-tiba karena dalam analisis saya pada awal bulan Agustus ketika Muhaimin Iskandar masih bergandeng mesra dengan Prabowo  Subiyanto sudah menyampaikan bahwa Cawapres Anies yang dapat melengkapi kekurangan Anies adalah Muhaimin Iskandar. Ada  dua hal setidaknya yang menjadi alasan pokok kenapa Anies Baswedan harus menggandeng Muhaimin Iskandar, yang pertama adalah bahwa harus diakui bahwa baik Anies Baswedan maupun partai pengusung awalnya yaitu Nasdem dan PKS memiliki kelemahan pada dua Provonsi di Indonesia, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur.

No More Posts Available.

No more pages to load.