AMIN Sapa Rakyat Indonesia dengan Salam Merdeka

oleh -59 views

Oleh: Tarmidzi Yusuf, Kolumnis

Pose pasangan nomor 1 Anies-Muhaimin (AMIN) di kertas suara Pilpres 2024 menarik perhatian publik. Pose penuh dengan senyum kebahagiaan itu mencerminkan harapan baru bagi perubahan Indonesia.

Menyapa rakyat dengan pose salam merdeka. Seperti pernah dilakukan oleh Bapak Proklamator Indonesia yang juga Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno ketika menyapa rakyat dengan salam khasnya. Merdeka!

Pose menyapa warga dengan salam merdeka pernah digunakan oleh Calon Presiden nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan ketika berlaga di Pilkada DKI Jakarta tahun 2017. Ketika menjadi gubernur, Anies Rasyid Baswedan sempat dijuluki gubernur rasa presiden.

Pose salam merdeka dengan senyum khas Anies-Muhaimin. Senyum optimisme menghadapi kontestasi Pilpres 2024. Pemilihan presiden tahun 2024 disebut-sebut sebagai titik awal peralihan dari orde reformasi ke orde perubahan. Orde repotnasi ke orde ubahnasib.

Baca Juga  AMPPP Gelar Unjuk Rasa di Kantor KPU Maluku, ini Tuntutannya!

Salam merdeka dari pasangan merdeka tanpa beban masa lalu. Merdeka dari beban penguasa dan pengusaha hitam. Calon presiden dan calon wakil presiden bila kelak terpilih terbebas dari intervensi pengusaha dan politik balas budi.

Pose merdeka yang menunjukkan bahwa sesungguhnya kita belum merdeka. Ekonomi Indonesia dikuasai oleh segelintir orang. Yang besar makin besar, yang kaya makin kaya. Sementara yang kecil makin kecil, yang miskin makin miskin.

Pose salam merdeka sebagai kritik saat diantara kita masih menyebut ‘Wakanda’ dan ‘Konoha’. Sesungguhnya kemerdekaan menyampaikan pendapat dan berekspresi seperti amanat konstitusi sedang menemui masalah besar ketika kita masih menggunakan ‘Wakanda’ dan ‘Konoha’ dalam menyampaikan kritik.

Baca Juga  Kakanwil Kemenag Malut Letakkan Batu Pertama Pembangunan MTs Ma'arif Desa Waigitang

Merdeka dengan gagasan dan narasi perubahan. Membawa rekam jejak dan karya dalam menunaikan janji kemerdekaan. Menjanjikan keadilan dan kesetaraan untuk semua. Keadilan dan kesetaraan tanpa memandang suku, agama, ras dan antar golongan.

Pose merdeka dengan menjanjikan masa depan Indonesia yang adil dan makmur untuk semua. Adil dan setara. Tanpa rasa takut saat berekspresi dan menyampaikan pendapat.

Salam merdeka dengan gagasan dan narasi perubahan untuk satu kemakmuran. Satu kemakmuran yang dicita-citakan. Sebagai solusi atas ketimpangan ekonomi dan pembangunan di Indonesia selama ini.

Satu kemakmuran dengan membesarkan yang kecil tanpa mengecilkan yang besar. Pembangunan Jawa dan luar Jawa adil dan setara. Merdeka untuk semua.

Baca Juga  Menag Rencanakan KUA Dapat Layani Semua Agama, Bukan Hanya Islam

Bandung, 18 Jumadil Awwal 1445/2 Desember 2023

No More Posts Available.

No more pages to load.