Anggran Pilkada Halbar Sudah Cair Rp.14,7 M, Sekda: Akhir Agustus 100 Persen

oleh -35 views
Link Banner

Porosrimur.com|Jailolo: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar), memastikan akhir Agustus ini anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) cair 100 persen.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Syahril Abduradjak menyatakan, dari data Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Pemkab Halbar, Anggaran Pilkada yang telah dicairkan sebesar Rp. 14,7 miliar.

Anggaran Pilkada sendiri dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan telah dituangkan dalam Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) itu, untuk KPU dialokasikan Rp.32 miliar, Bawaslu Rp.9 miliar dan anggaran pengamanan Rp.4,5 miliar, sehingga total anggaran pilkada sebesar Rp. 45,5 miliar.

Dari anggaran yang telah dialokasikan itu, KPU sudah mencairkan anggaran Rp. 11,7 miliar, Bawaslu Rp. 3 miliar dan pihak keamanan masih nol, sehingga total anggaran yang telah dicairkan Rp. 14,7 miliar.

Link Banner

”Jadi anggaran Pilkada yang tersisa sebesar Rp. 30,8 miliar,”ungkap Sekkab.

Baca Juga  Belum Dibayar, Pemilik Lahan Larang Pembangunan RTH

Syahril sendiri mengaku, telah menerima surat teguran Mendagri melalui Gubernur Maluku Utara (Malut), terkait daerah yang belum mencairkan Anggaran Pilkada 100 persen.

Olehnya itu, dirinya sudah menerima laporan dari BPKAD, bahwa paling lambat tanggal 31 Agustus anggaran Pilkada sudah bisa cair 100 persen.

”Kita upayakan, 31 Agustus anggaran Pilkada sudah cair 100 persen, karena sudah ada laporan dari BPKAD untuk kesiapan anggaran,” pungkasnya. (ash)