Anies Pastikan Subsidi BBM Tepat Sasaran Jika Jadi Presiden

oleh -23 views

Porostimur.com, Ambon – Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan menyatakan, persoalan subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang tidak tepat sasaran dirasakan hampir di banyak wilayah di Indonesia.

Kata Anies Baswedan, hal ini membuat harga BBM tinggi membebani mereka yang membutuhkan. Termasuk masyarakat yang tinggal di Kepulauan Maluku.

“Ini juga dialami di banyak tempat yang kawasan kepulauan, tentu Maluku mengalaminya. Jadi kami melihat bahwa banyak sekali subsidi BBM yang tidak tepat sasaran,” kata Anies di acara ‘Desak Anies’ Ambon, Maluku, Senin (15/1/2024).

Anies mengutip data Kementerian Keuangan yang menyebut bahwa bahan bakar minyak berupa solar hanya 11 persen subsidinya dinikmati oleh keluarga di Indonesia. Sementara itu, hampir 90 persen subsidinya justru banyak tertuju ke dunia usaha.

“Saya lihat datanya nih, menurut Ibu Sri Mulyani Menteri Keuangan, bahwa solar itu 89 persen dinikmati dunia usaha subsidinya. Hanya 11 persen nikmati oleh keluarga, dan dari 11 persen yang dinikmati di keluarga itu ternyata 95 persen dinikmati oleh keluarga yang sudah mampu, hanya 5 persen keluarga yang tidak mampu. Jadi petani nelayan itu hanya menikmati 5 persen dari subsidi solar,” jelas Anies.

Kemudian pertalite, kata Anies, sebanyak 86 persen digunakan kalangan keluarga dan hanya 20 persen yang tertuju ke keluarga prasejahtera. Kondisi ini, kata Anies, harus diubah.

“Ini kondisi yang harus kita ubah agar subsidi itu diterima oleh mereka yang membutuhkan. Bukan subsidi diterima oleh mereka yang sudah berkemampuan. Ini potret kenyataannya,” ujar Anies.

Menurut Anies, kondisi ini menyebabkan segala kebutuhan masyarakat yang harganya di bawah harga pasar, hampir langka. “Coba aja, apa aja di bawah harga pasar pasti akan langka. Karena itu ini harus kita koreksi,” ucap dia.

Baca Juga  Masuk Kalender KEN 2024, Festival Banda Naira Bakal Digelar November Mendatang

Oleh sebab itu, apabila jadi presiden terpilih pada pilpres 2024, Anies dan Muhaimin Iskandar (AMIN) bertekad memastikan kejelasan penerima subsidi BBM agar tepat sasaran. Sistemnya, kata Anies akan disiapkan dengan matang.

“Sehingga subsidi itu tepat sasaran. Dan jangan sampai yang membutuhkan, petani, nelayan, keluarga prasejahtera justru gagal mendapatkan yang subsidi,” kata Anies. (red)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.