Antisipasi Banjir, Mahasiswa IAIN Ternate Gelar Konservasi di Galela Halmahera Utara

oleh -189 views
Link Banner

Porostimur.com | Galela: Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate, menggelar kegiatan konservasi di jalur Sungai Desa Togawa Besi Kecamatan Galela Selatan kabupaten Halmahera Utara.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sejumlah mahasiswa KKN Tematik IAIN Ternate tahun 2021 di desa Togawa besi kecamatan Galela selatan, dengan program KKN yang salah satunya melakukan Konservasi jalur sungai yang ada di desa Togawa yakni melakukan Penanaman Pohon Durian, Rambutan dan Pohon pala Jumat, (2/4/2021) kemarin.

Turut hadir pada acara pembukaan itu Dinas Lingkungan Hidup (Halut), kepala desa se – kecamatan Galela Selatan dan Danramil Rayon 1508/Galela.

Kordinator Desa (Kordes) Togawa Besi Alfian Ismail menyampaikan bahwa kegiatan Konservasi jalur sungai desa togawa besi adalah salah satu program KKN Mahasiswa IAIN Ternate yang berjangka panjang.

Alfian menuturkan untuk mengantisipasi tidak terjadinya banjir, program konservadmsi ini harus diminati dan mendapat perhatian dari Pemerintah desa serta masyarakat yang ada di Desa Togawa Besi.

Baca Juga  Nono Sampono Minta Putri Maluku Suarakan RUU Daerah Kepulauan di Ajang Putri Indonesia 2020

“Agar kedepannya tidak lagi terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti banjir yg telah terjadi di bulan kemarin dan menimbulkan korban kerusakan rumah warga di seluruh kecamatan yg ada di galela Halut,” tutur Alfian.

Selain itu, Kepala Desa (Kades) Togawa Besi Hardi Litimi mengatakan Kegiatan tersebut memiliki nilai terbaik karena dapat mengurangi dampak bencana alam ketika musim hujan.

Menurut Kades Hardi bencana alam yang sering terjadi di desa togawa besi seperti hujan deras yang memakan waktu lama telah menyebabkan terjadinya banjir dan Longsor di Jalur Sungai tersebut. Pasalnya posisi sungainya tepat di tengah-tengah pemukiman desa Togawa besi.

“Harapan kami Konservasi ini menjadi perhatian khusus buat pemerintah daerah untuk menangani soal konservasi ini lebih lanjut, dan target kita kedepannya akan membuat taman buah dan akan di atur dalam peraturan desa,” tukasnya.

Baca Juga  Pulang debat kandidat, saling dorong kubu Santun vs kubu Baileo

Sementara itu, mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabag Konservasi DLH Halut,Yamin bangijo SH memberikan apresiasi penuh kepada seluruh masyarakat Desa Togawa besi, terhususnya kepada sejumlah Mahasiswa IAIN Ternate yang telah melakukan KKN sekaligus program Konservasi itu.

Ia juga menambahkan bahwa program konservasi itu adalah solusi dan terobosan baik yang dilakukan oleh mahasiswa KKN IAIN Ternate di desa Togawa besi.

“Kegiatan ini sangat baik olehnya itu kami dari Dinas Lingkungan Hidup Halmahera Utara mendukung penuh kegiatan konservasi ini,” tutupnya. (adhy)