Antisipasi “Cacar Monyet” Walikota Minta Dinas Kesehatan Intensifkan Pemantauan

oleh -25 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, SH meminta Kepala Dinas Kesehatan agar meningkatkan pemantauan terhadap kemungkinan adanya bahaya wabah penyakit Cacar Monyet

Hal ini disampaikan Louhenapessy disela-sela Rapat Paripurna DPRD Kota Ambon dalam rangka penyampaikan pokok-pokok pikiran/rekomendasi DPRD Kota Ambon terhadap LKPJ Walikota Ambon akhir tahun anggaran 2018, Senin (20/5) di Ambon.

Walikota Richard dalam sambutannya mengatakan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan maupun kesehatan tetap menjadi perhatian pemerintah Kota Ambon.

Khawatir tentang berita cacar monyet yang sedang menjadi wabah di negara tetangga Singapura, bahkan sudah ditemukan penderitanya di Batam, Walikota Ambon, meminta kepada Dinas Kesehatan Kota Ambon agar terus melakukan pemantauan dari sumber terpercaya.

Link Banner

Upaya ini menurut Richard untuk mencegah wabah cacar monyet menyebar sampai di Ambon.

Baca Juga  Kembali Peroleh 2 Pucuk Senjata, Satgas Yonif Rk 732/Banau Ciptakan Suasana Aman dan Kondusif di Maluku

Walikota juga menvinstruksikan Kepala Dinas Kesehatan agar melakukan pemantauan di pelabuhan bandara dan semua pintu masuk ke Kota Ambon.

“Sumbernya dari Singapura, yang paling dekat dan menjadi titik fokus adalah Batam. Tetapi, kalau pihak-pihak terkait tidak hati-hati, bisa saja akan menyebar sampai ke Ambon”, ungkap Louhenapessy..

Akibat dari ketidaktahuan terhadap gejala dan bentuk cacar monyet, Richard menekankan kepada Dinas Kesehatan terus memantau dan monitoring isi perkembanganya.

“Harapan kita, Dinas Kesehatan intensifkan pemantauan terhadap perkembangan cacar monyet agar tidak merembet ke Indonesia, Maluku bahkan khususnya Kota Ambon”, tutur Richard.

Oleh karena itu, Richard berpesan, terkait pelayanan dasar kesehatan, pemerintah tetap mengoptimalisasi kinerja puskesmas, puskesmas pembantu, maupun puskesmas rawat inap dan kinerja dinas kesehatan. (dayat)