Antisipasi Coronavirus, Pemprov Malut Putus Hubungan Dengan Manado

oleh -265 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan perkembangan terkini berkaitan dengan sebaran virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Total sejauh ini pasien positif COVID-19 berada di setidaknya 8 provinsi.

Melalui akun Twitter resmi @KemenkesRI, disebutkan informasi terbaru mengenai COVID-19. Untuk sebaran COVID-19, disebutkan berada di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Bali, dan DI Yogyakarta.

“Untuk persebaran #COVID19 yakni Jakarta, Jawa Barat (Kab.Bekasi, Depok, Cirebon, Purwakarta, Bandung), Banten (Kab. Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan), Jawa Tengah (Solo), Kalimantan Barat (Pontianak), Sulawesi Utara (Manado), Bali & Yogyakarta,” cuit @KemenkesRI, Senin (16/3/2020).

Guna mengantisipasi penyebaran virus corona, lantaran virus mematikan itu dilaporkan telah menyebar ke Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Propinsi Maluku Utara menutup sementara jalur laut dan udara antara Ternate-Manado.

Baca Juga  Pasal 59 UU MK Dihapus, Pengamat dan Politisi Sebut Judicial Review Omnibus Law Sia-sia

Langkah pemerintah tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara, Drs. Amrin Zakaria kepada media pers, Senin (16/3/2020).

“Kita sudah melakukan rapat kordinasi beberapa Minggu lalu untuk melakukan penutupan beberapa bandara jalur Manado -ternate dan penyembarang feri tujuan bitung”, ujarnya.

Armin bilang, jalur Manado-Ternate ditutup sementara, karena jarak kedua daerah itu sangat dekat.

“Ditutup sementara mengingat jarak Manado Ternate itu sangat dekat”, jelas Amrin.

Ia menyebutkan, jalur yang ditutup diantaranya jalur penerbangan Kao-Manado, Ternate-Manado, Morotai-Manado.

Sedangkan untuk penerbangan carter di bandara Lelief Halmahera Tengah katanya telah ditutup beberepa pekan lalu. Begitu pula jalur penyeberangan laut ferry tujuan Bitung, pun sudah ditutup.

Baca Juga  Pendiri OK OCE Kunjungi Kepulauan Sula

Amrin menjelaskan, langkah tersebut diambil berdasarkan atas Instruksi Gubernur Maluku Utara kepada seluruh SKPD serta bupati/walikota se-Maluku Utara untuk melakukan langka antisipatif guna mencegah masuknya Covid-19 ke wilayah Maluku Utara.

8 Provinsi Tempat Penyebaran Virus Corona di Indonesia, Termasuk di Sulawesi, Bagaimana Daerah Anda?
Daftar 8 provinsi tempat penyebaran Virus Corona di Indonesia, termasuk di Sulawesi Utara

Selaim penutupan jalur, pemerintah juga telah memasang sejumlah alat pendeteksi suhu badan (Scanner) di pintu-pintu masuk pelabuhan dan bandara.

“Pada sejumlah titik strategis juga telah disiapkan pos-pos kesehatan disertai tim kesehatan khusus untuk mengecek setiap penumpang yang hendak pergi maupun datang dalam perjalanan antar kabupaten/kota,” beber Armin.

Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara menurutnya juga telah diminta untuk melakukan Disinfektan (Penyemprotan) terhadap trasportasi sebelum penumpang naik dan sesudah penumpang turun. (red/rtm/hc)