Antisipasi Gempa-Tsunami Warga Hulung Perbaiki Akses Jalan

oleh -41 views
Link Banner

@Porostimur.com | Huamual : Akibat gempa yang terus melanda Pulau Ambon, Pulau-pulau Lease dan Pulau Seram, masyarakat yang berdomisili pada wilayah dimaksud melakukan langkah antisipasi berupa mengungsi ke daerah yang lebih aman.

Salah satunya juga warga Dusun Hulung, Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Untuk memiliki akses yang lebih aman ke daerah atau lokasi pengungsian di bagian pegunungan, masyarakat pun memperbaiki akses jalan umum yang lama tidak terurus, Selasa (8/10).

Hal ini dibenarkan salah satu tokoh masyarakat setempat, Jiyat Samal, saat berhasil dikonfirmasi media ini di lokasi pekerjaan.

Menurutnya, perbaikan jalan umum yang sudah terbengkalai ini merupakan sebuah langkah antisipasi jika terjadi gempa dan tsunami, maka masyarakat bisa mengungsi melalui jalan dimaksud dengan aman.

Baca Juga  Berkas Lengkap, Zulfahri Yakin Genggam Rekomendasi Gerindra

”Langkah yang dilakukan masyarakat Hulung merupakan langkah antisipasi jika terjadi gempa dan tsunami, seperti yang mengingat telah tercatat gempa susulan telah begitu banyak maka tingkat kewaspadaan kita itu perlu dinaikkan juga. Dahulu jalan yang kami perbaiki ini, merupakan jalan umum Trans Huamual, tetapi telah dibuka akses jalan baru, sehingga jalan yang lama tidak terurus, telah ditumbuhi rumput liar dan banyak yang berlubang-lubang. Olehnya itu, kami berinisiatif untuk memperbaikinya, sebab ini jalan utama menuju pegunungan dengan aman,” ujarnya.

Adapun bahan dasar yang dipergunakan dalam proses perbaikan jalan umum ini, tegasnya, merupakan swadaya masyarakat seadanya, tanpa adanya bantuan dari pihak pemerintah kecamatan ataupun kabupaten.

”Untuk bahan dasar seperti semen batu dan pasir, kami warga yang menyiapkannya, karena ini juga kami yang akan nikmati. Kami tidak butuh apa-apa dari Pemerintah Kabupaten SBB untuk mambantu kami, karena kami ini bukan pengunsi yang terkena dampak gempa kemarin. Kami hanyalah mengungsi untuk antisipasi. Masih banyak saudara-saudara kami yang membutuhkan yang terkena dampak gempa. Jadi kami meminta pemerintah perhatikanlah mereka tanpa pandang bulu.

Baca Juga  BNPB Gandeng Praktisi dalam Rencana Intervensi Psikososial ke Maluku

Diharapkannya, musibah bencana alam yang sementara melanda Maluku ini bisa segera berlalu, terlebih sudah menorehkan berbagai trauma dalam masyarakat.

”Harapan kami itu tidak banyak, melainkan kami selalu berdoa kepada Allah SWT, Tuhan  Yang Maha Esa, agar segala musibah dan  malapetaka yang akan dan sedang melanda kami dijauhkan sejauh mungkin,” pungkasnya. (doddy)