Antisipasi Kecurangan, Bawaslu Malut Bentuk Tim Khusus Tabulasi Data

oleh -12 views

Porostimur.com, Ternate – Guna mengantisipasi kemungkinan adanya praktik kecurangan dengan merubah perolehan suara dalam pelaksanaan Pemilu 2024, Bawaslu Maluku Utara membentuk tim khusus tabulasi data suara. Data tersebut didapatkan dari C-Plano dan C-Hasil Penggandaan dari seluruh TPS se-Maluku Utara.

“Data tersebut nanti akan direkap oleh Bawaslu Provinsi sebagai data pembanding yang akurat apabila terdapat perkara perselisihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi,” kata Ketua Bawaslu Maluku Utara Masita Nawawi Gani di Ternate, Kamis (8/2/2024).

Antisipasi ini jelas Masita, dilakukan guna melindungi peserta pemilu dari praktik kecurangan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. “Kita ingin pemilu yang jujur, bersih dan bermartabat di Maluku Utara,” ujar wanita kelahiran Ambon itu.

Baca Juga  Tuntaskan Pleno Rekapitulasi Suara, KPU Ambon Minta Tambahan Waktu 3 Hari

Kata Masita, hal ini merupakan langkah inovasi Bawaslu dalam menjaga perolehan suara agar tidak bertambah atau berkurang. “Kami ingin memastikan tidak ada angka-angka yang berubah dalam TPS,” tambah Masita.

Kini pihaknya telah menyiapkan tim khusus tabulasi data, nantinya tim ini akan berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten/Kota mengumpulkan dokumentasi berupa foto C-Plano dan C-Hasil Penggandaan dari pengawas TPS yang kemudian direkap menjadi data yang utuh, valid dan komprehensif. “Kami mengambil data langsung dari PTPS, karena kami ingin mengambil data yang benar-benar valid yaitu C-Plano dan C-Hasi Penggandaan,” pungkasnya. (red)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.