Antisipasi Pilkada Serentak, Polres SBB gelar pelatihan

oleh -76 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Polres Seram Bagian Barat (SBB) menggelar kegiatan pelatihan Operasi Mantap Praja Siwalima 2018, di Aula Bhayangkara Polres SBB, Selasa (6/3), sekira pukul 09.30 WIT.

Pelatihan dimaksud mengusung tema ”Melalui Pelatihan Ops Mantap Praja Siwalima 2018 Polri Siap Mengamankan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Wilayah Hukum Polda Maluku guna Memelihara Keamanan Dalam Negeri”.

Pelatihan dipimpin langsung Kapolres SBB, AKBP Agus Setiawan,S.IK, didampingi Waka Polres SBB, Kompol L. Tethool,SH,MH dan Kabag Ops Polres SBB, Kompol La Ode Udin Taher,S.IP.

Kegiatan dimaksud bertujuan mengantisipasi dan menyukseskan Pilkada Serentak tahun 2018 yang akan diikuti oleh 171 daerah, termasuk di antaranya Provinsi Maluku, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dan Kota Tual.

Link Banner

Sehingga, perlu dilakukan antisipasi terhadap potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata.

Baca Juga  Power Tends To Corona

Dalam sambutannya, Setiawan menegaskan bahwa hasil pelaksanaan Rapat Koordinasi (Coffee Morning) pada Senin (5/3) sebelumnya dengan  mengundang para Penyelenggara, Pengawas dan Peserta Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten SBB, diantaranya Panwaslu Kabupaten SBB dan KPU Kabupaten SBB.

Materi pelatihan operasi diberikan Kabag Ops Polres SBB, Kompol La Ode Udin Taher,S.IP, yakni mempersiapkan personil dalam melakukan pengamanan Pilkada Serentak 2018 di wilayah hukum Polres SBB yang harus disertai kedisiplinan personil dalam pelaksanaan tugas.

Sementara Kasat Intelkam Polres SBB yang diwakili Kaur Min Sat Intelkam, Bripka J. Ralahalu, bermaterikan sasaran operasi yakni orang (penyelenggara, pengawas dan peserta Pilkada), ‎barang/benda dan ‎lokasi/tempat, serta Jadwal Tahapan Pilkada Serentak 2018 maupun prediksi kerawanan kamtibmas di wilayah hukum Kabupaten SBB.

Baca Juga  Kankemenag SBB Gelar Raker Tahun 2020

Menurut Kasat Binmas Polres SBB, Iptu La Ode M. Hanibal,S.Si, menegaskan bahwa Polri akan menciptakan situasi kamtibmas yang aman selama pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 di daerah berjuluk Saka Mese Nusa, dengan membangun kemitraan dengan masyarakat guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman, serta mendeteksi jenis dan bentuk ancaman yang perlu diantisipasi.

Menutupi materi pelatihan ini, Kasat Sabhara Polres SBB, AKP J. de Fretes, memberikan pengarahan tentang pengerahan kekuatan sesuai Perkap Nomor 1 Tahun 2018, penggunaan kekuatan sesuai dengan eskalasi situasi, pPengawasan dan pengendalian dalam penggunaan kekuatan serta ‎Protap penanganan tindakan anarki.

Pelatihan yang melibatkan 75 orang staf dan personil Polres SBB ini, direncanakan akan digelar selang dua hari, 6-7 Maret. (pt-04)