Apakah Mencium Istri di Siang Hari Membatalkan Puasa?

oleh -79 views

Porostimur.com, Ambon – Puasa Ramadan adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim. Saat berpuasa, kita diharuskan menahan lapar, haus, serta hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Selain itu, para umat Muslim juga dilarang melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa, salah satunya ialah melakukan hubungan intim bersama pasangan.

Kemudian muncul pertanyaan dari benak suami, apakah mencium istri di siang hari membatalkan puasa? Sebab, bercumbu terkadang dapat menimbulkan syahwat yang berisiko membatalkan puasa. Eits… nggak perlu bingung, ya. Sebab, kami akan mengupas tuntas melalui artikel ini. Simak terus!

1. Hadis Rasulullah soal mencumbu istri saat puasa

Apakah Mencium Istri di Siang Hari Membatalkan Puasa? Ini Jawabannya

Mengutip dari laman Rumaysho, terdapat beberapa dalil tentang bolehnya bercumbu dengan istri ketika berpuasa, sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah dan beberapa sahabat. Namun, dengan catatan dapat menahan syahwatnya. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata:

Baca Juga  7 Potret Tanaya Prameswari Miss Indonesia Maluku 2024

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يُقَبِّلُ وَيُبَاشِرُ ، وَهُوَ صَائِمٌ ، وَكَانَ أَمْلَكَكُمْ لإِرْبِهِ .

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mencium dan mencumbu istrinya sedangkan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan berpuasa. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan demikian karena beliau adalah orang yang paling kuat menahan syahwatnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Bercumbu tidak membatalkan puasa

Apakah Mencium Istri di Siang Hari Membatalkan Puasa? Ini Jawabannya

Dalam hadis riwayat Ahmad, Rasulullah mengatakan bahwa bercumbu itu seperti berkumur-kumur saat puasa. Seperti diketahui, berkumur-kumur tidaklah membatalkan puasa. Begitu pula dengan mencium istri juga tidak membatalkan puasa. Dari Jabir bin ‘Abdillah, dari ‘Umar Bin Al Khattab, beliau berkata:

No More Posts Available.

No more pages to load.