Api Lahap Rumah Warga di Passo, Ini Kronologinya

oleh -60 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kebakaran terjadi di Desa Passo, Jalan Baru, Kecamatan Baguala Ambon, Selasa, (17/12/19) pukul 23.45 WIT.


Kebakaran tersebut menimpa rumah Erwin Sarimanela (42). Tidak ada korban luka maupun korban jiwa pada saat kejadian, karena penghuni rumah berhasil keluar dalam keadaan selamat.

Melki Sarimanela (42), Saksi mata, menerangkan bahwa awalnya dirinya sementara berada di rumahnya yang bersampingan dengan TKP, kemudian dia melihat ada kepulan asap yang keluar dari TKP. Melihat hal tersebut, dirinya langsung berlari ke TKP.

“Pada saat tiba di TKP udah ada api di atas meteran listrik yang mana meteran listrik tersebut berada di dalam rumah,” kata Melki.

Melihat api yang sudah membesar, dirinya langsung berusaha memandamkan api dengan alat seadanya dan meminta bantuan dari warga masyarakat yang berda di sekitar TKP.

Baca Juga  Siapkan SDM Kelola Lumbung Ikan Nasional, Menko Luhut Bakal Bangun 'Kampus'

Gres Simon (34), saksi korban menerangkan bahwa, awalnya pada saat kejadian ia sementara berada didalam rumah dan sedang tidur, kemudian terbangun dari tidur karena mendengar suara dari luar rumah yang berteriak ada kebakaran.

Mendengar hal tersebut dirinya langsung berlari keluar dari kamar dan melihat api sudah keluar dari atas meteran listrik.

Melihat api yang sudah membesar ia kemudian berusaha untuk mematikan meteran listrik dan berlari menyelamatkan diri keluar rumah

Pada saat sudah berada di luar rumah Gres sendiri kemudian berlari masuk kembali kedalam rumah untuk menyelamatkan ibunya serta tiga orang anaknya yang pada saat itu sudah tertidur dan masih berada didalam rumah.

Baca Juga  Begini Kata-Kata Motivasi Serena Williams Kepada Sofia Kenin

Usai menyelamatkan ibu serta 3 orang anaknya, kemudian ia bersama dengan warga sekitar TKP berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Warga kemudian berusaha untuk menghubungi pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Pada pukul 00.10 WIT piket pawas Aiptu T J. Muskitabeserta personil piket Polsek Baguala tiba di TKP bersama dengan 2 Unit Mobil Damkar Siaga Cabang Baguala dan langsung melakukan tindakan pemadaman api.

Selanjutnya pada pukul 00.20 WIT 2 Unit Mobil Damkar Kota Ambon kembali tiba di TKP dan langsung melakukan pemadaman dengan Damkar Siaga Cabang Baguala dan dibantu dengan warga masyarakat sekitar TKP.

Pada pukul 00.45 WIT pihak Damkar Kota Ambon dan Damkar Siaga Baguala serta warga masyarakat sekitar TKP berhasil memadamkam api.

Baca Juga  Sinopsis Film A Quiet Place Part II yang Sedang Tayang di Bioskop Kota Ambon

Tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kebakaran tersebut, namun terdapat kerugian Materil berupa 1 Unit rumah beserta isinya dan diperkirakan kerugian tersebut mencapai 150.000.000 (seratus lima puluh juta).

Dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran yakni arus pendek listrik. (shinta)