Arkeolog di Papua Temukan Batu Pemujaan Roh Nenek Moyang

oleh -225 views
Link Banner

Porostimur.com | Jayapura: Penelitian Balai Arkeologi Papua di Kabupaten Jayapura menemukan batu prasejarah. Diyakini, dulunya sebagai media pemujaan untuk roh nenek moyang.

Penelitian tersebut dilakukan di Bukit Yomokho, Kampung Dondai, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua. Batu yang ditemukan merupakan tinggalan megalitik.

“Eksplorasi Balai Arkeologi Papua di Bukit Yomokho sebelah timur berhasil menemukan sebuah papan batu di puncak bukit. Papan batu ini berorientasi utara-selatan, memiliki panjang 110 cm, lebar 58 cm, dan tebal 10 cm,” papar peneliti dari Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto kepada detikcom, Minggu (3/11/2019).

Menurut Hari, papan batu ini berjenis batuan beku peridotit, jenis batuan ini tidak terdapat di Bukit Yomokho, batuan ini banyak didapatkan di Pegunungan Cyclops yang terletak 11, 6 kilometer di sebelah utara Dondai.

“Jadi dapat dipastikan batu ini dibawa sejauh 11, 6 kilometer dari Pegunungan Cyclops, diangkut menggunakan perahu menyusuri sungai dan danau, selanjutnya digotong beramai-ramai menuju puncak bukit.,” jelasnya. (red/rtl/dtc)