Armenia Resmi Akui Negara Palestina

oleh -38 views
Orang-orang meneriakkan, Bebaskan Palestina, dalam protes untuk mendukung warga Palestina. Foto/REUTERS/Andreea Campeanu

Porostimur.com, Yerevan – Armenia secara resmi mengakui negara Palestina, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Armenia pada Jumat (21/6/2024).

Kementerian tersebut mengutip “situasi kemanusiaan yang mengerikan di Gaza” di antara alasan di balik keputusannya.

Langkah Armenia itu disambut baik oleh Otoritas Palestina (PA) dan Hamas, serta memicu teguran dari Israel.

“Yerevan menolak kekerasan terhadap warga sipil dan penyanderaan,” ungkap pernyataan Kemlu Armenia.

Mereka menegaskan berkomitmen untuk membangun “rekonsiliasi abadi antara orang-orang Yahudi dan Palestina”. Pernyataan itu menegaskan kembali dukungan Armenia untuk solusi “dua negara”.

“Berdasarkan hal tersebut di atas dan menegaskan kembali komitmen kami terhadap hukum internasional dan prinsip-prinsip kesetaraan, kedaulatan, dan hidup berdampingan secara damai antar-masyarakat, Republik Armenia mengakui Negara Palestina,” tegas pernyataan itu.

Baca Juga  Haji Mabrur: Arti, Syarat, Ciri-Ciri dan Cara Menjaganya

Otoritas Palestina yang berpusat di Ramallah, yang memiliki kewenangan terbatas di bawah pendudukan Israel di Tepi Barat, memuji pengakuan tersebut sebagai, “Penting bagi upaya yang bertujuan membangun stabilitas dan perdamaian di Timur Tengah dengan mengakhiri pendudukan ilegal Israel dan memastikan hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri.”

No More Posts Available.

No more pages to load.