AS akan Kirim Amunisi Uranium sebagai Proyektil ke Ukraina

oleh -40 views

Porostimur.com, Washington – Pemerintahan AS di bawah Joe Biden untuk pertama kalinya akan mengirimkan amunisi berbahaya, yakni proyektil penembus lapis baja kontroversial yang mengandung uranium yang sudah tidak layak pakai ke Ukraina. Informasi tersebut menurut sebuah dokumen yang dilihat oleh Reuters dan secara terpisah dikonfirmasi oleh dua orang pejabat AS.

Amunisi uranium tersebut, yang dapat membantu menghancurkan tank-tank Rusia, merupakan bagian dari paket bantuan militer baru untuk Ukraina yang akan diluncurkan minggu depan. Amunisi tersebut dapat ditembakkan dari tank-tank Abrams AS yang, menurut seseorang yang mengetahui masalah ini, diperkirakan akan dikirim ke Ukraina dalam beberapa minggu mendatang.

Salah satu pejabat mengatakan bahwa paket bantuan yang akan datang akan bernilai antara 240 juta dolar AS dan 375 juta dolar AS tergantung pada apa yang akan disertakan dalam bantuan. Nilai dan isi paket bantuan tersebut masih dalam tahap finalisasi, kata para pejabat itu. Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Baca Juga  Video Panas Kakek Bareng Wanita Muda Hebohkan Warga Ambon, Pemeran Pria Ditangkap

Meskipun Inggris juga telah mengirimkan amunisi uranium sebagai proyektil ke Ukraina awal tahun ini, namun ini akan menjadi pengiriman amunisi uranium pertama AS dan kemungkinan akan menimbulkan kontroversi. Ini mengikuti keputusan sebelumnya oleh pemerintahan Biden untuk menyediakan bom kluster ke Ukraina, meskipun ada kekhawatiran akan bahaya yang ditimbulkan oleh senjata semacam itu terhadap warga sipil.