AS Sanksi Rusia Imbas Deportasi Anak-anak Ukraina

oleh -49 views
Amerika Serikat (AS) mengenakan sanksi baru terhadap para pejabat dan kelompok Rusia pada Kamis (24/8). Ilustrasi. (REUTERS/VALENTYN OGIRENKO).

Porostimur.com, Washington – Amerika Serikat (AS) mengenakan sanksi baru terhadap para pejabat dan kelompok Rusia pada Kamis (24/8). Sanksi dijatuhkan buntut pemindahan paksa ribuan anak-anak Ukraina sejak invasi Moskow.

Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengumumkan langkah tersebut saat memimpin sidang Dewan Keamanan yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Ukraina.

“Kampanye kekejaman Rusia terus berlanjut hingga hari ini,” ujar Thomas-Greenfield, seperti dikutip AFP.

“Amerika Serikat tidak akan tinggal diam ketika Rusia melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan,” sambungnya.

Sanksi itu menjatuhkan sanksi terhadap 11 orang Rusia, termasuk sejumlah komisaris regional “hak-hak anak”, memblokir aset apa pun di AS dan menjadikan transaksi dengan mereka sebagai kejahatan di Negeri Paman Sam.

Baca Juga  Gugat Cerai Sarwendah, Ruben Onsu Tak Minta Hak Asuh Anak dan Harta Gana-gini

Sanksi tersebut juga menyasar “kamp musim panas” Artek di Krimea, yang direbut Rusia dari Ukraina pada 2014 dan dianeksasi dalam sebuah tindakan yang tidak diakui secara internasional. Selain itu, ada dugaan kamp pendidikan ulang untuk anak-anak di Chechnya.

Kementerian Luar Negeri AS juga akan membatasi visa bagi tiga warga Rusia yang terlibat dalam pemindahan paksa anak-anak di wilayah Ukraina yang berada di bawah kendali Moskow.