AS Sebut Kontrol Israel atas Tepi Barat sebagai Pendudukan

oleh -53 views
Link Banner

Porostimur.com | Washington: Pemerintahan baru Amerika Serikat (AS) mengatakan, kendali Israel atas Tepi Barat, Palestina memang “pendudukan”. Ini mengklarifikasi pendiriannya setelah perilisan laporan tahunan HAM, di mana Washington masih menggunakan istilah yang dipakai pemerintahan Donald Trump.

Di bawah pemerintahan Trump yang sangat pro-Israel, laporan tahunan HAM mengganti nama bagian tentang “Israel dan Wilayah Pendudukan” menjadi “Israel, Tepi Barat dan Gaza”.

“Laporan tahunan Kementerian Luar Negeri tentang HAM memang menggunakan istilah “pendudukan” dalam konteks status Tepi Barat saat ini. Ini telah menjadi posisi lama pemerintahan sebelumnya dari kedua belah pihak selama beberapa dekade,” ucapnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari Al Arabiya pada Jum’at (2/4/2021).

Laporan pertama yang dikeluarkan di bawah pimpinan Joe Biden, yang dirilis awal pekan, masih menggunakan bahasa yang sama. Tetapi, Price menyatakan bahwa bahasa itu tidak dimaksudkan untuk menyampaikan posisi AS.

Sementara itu, menurut pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri AS di bidang HAM, Lisa Peterson, mengatakan bahwa laporan tersebut umumnya menggunakan nama geografis dan bahwa “Israel, Tepi Barat dan Gaza” lebih mudah dan jelas bagi pembaca.

Baca Juga  Peringkat Dunia FIFA Terbaru: Juara Euro 2020, Italia Masuk Lima Besar

(red/sindonews)

No More Posts Available.

No more pages to load.