Asnath: Ini Kriteria Warga Penerima BLT Dana Desa di Halbar

oleh -744 views
Link Banner

Porostimur.com |Jailolo: Warga masyarakat di desa yang tepapar dampak Covid-19 layak mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD).

Hal ini menurut Kadis DPMPD Halbar Asnath Sowo, sesuai aturan Mendagri dan Kemendes bahwa DD bisa digunakan untuk membantu masyarakat desa dalam bentuk BLT-DD dalam Covid-19.

“Bantuan ini akan diberikan ke masyarakat desa yang masuk dalam pendataan Tim relawan Covid-19 desa,  yang terdiri RT/RW, Kepala Dusun, tokoh pemuda, PKK dan relawan lainnya yang berada di desa. Masyarakat yang masuk pendataan adalah warga miskin”, ugkapnya, Rabu (6/5/2020).

Menurut Asnath, calon penerima bantuan dari DD tidak boleh terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah pusat. Seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) lain, hingga Kartu Prakerja.

“Kami upayakan agar tidak tumpang tindih, sehingga warga yang tidak terdata dalam Data Terpadu Kesejahtraan Sosial (DTKS) memungkinkan untuk didata dengan syarat betul -betul mereka layak menerima bantuan, ” ungkap Asnath.

Baca Juga  Gantikan Persija, Persipura Jadi Wakil Indonesia di AFC Cup

Lanjut Asnath, tahapan yang saat ini tengah berlangsung adalah pendataan yang dilakukan oleh para relawan Covod-19 di desa.

Setelah dilakukan pendataan, dilanjutkan verifikasi di tingkat desa melalui musyawarah terbatas. Setelah itu diajukan ke Pemerintah Kabupaten untuk dilakukan pengesahan.

“Kita verifikasi kembali di Kabupaten agar tidak ada tumpang tindih dengan bansos yang disalurkan melalui PKH, BPNT, Bansos dari provinsi, pusat maupun penerima kartu prakerja,” jelas Asnath

“Kriteria penerima BLT-DD, Kelurga belum Menrima program kelurga Harapan (PKH)/Bantuan progran Tunai,  Kelurga Miskin Pra Sejahtar, Keluaga kehilangan mata pencaharian, Ada anggota keluarga yang rentan sakit kronis,” cetusnya.

“Berdasarkan petunjuk dari Pemerintah Pusat, pembayaran BLT ini dilakukan selama tiga bulan dari April, Mei dan Juni dengan besaran Rp. 600 ribu per bulan / KK.” atau sampai pencairan Tahap 2 DD,” imbuh Asnat.

Baca Juga  Gempa M 4,1 Guncang Ambon Sore Tadi

Sebagai gambaran, Dana Desa di bawah Rp800 juta per tahun diterima desa akan memberikan BLT maksimal 25 % dari pagu anggaran. Sementara yang memiliki Dana Desa Rp800 juta sampai Rp 1,2 miliar maksimal mengalokasikan 30 persen dananya untuk BLT.

Sedangkan desa yang Dana Desa-nya lebih dari Rp1,2 miliar memberi 35 persen alokasi untuk BLT. (ash)