Assagaff : Kesehatan masih prioritas Pemprov Maluku

oleh -37 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Hingga saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, masih memprioritaskan penuntasan masalah kesehatan masyarakat.

Secara fisik, Pemprov mengupayakan optimalisasi pelayanan kesehatan melalui fasilitas rumah sakit yang ada, seperti RS Sumber Hidup, RS Al-Fatah, RS Siloam hingga mendirikan Rumah Sakit Umum Pusat Terpadu (RSUP) di Maluku.

Dari sisi finansial, Pemprov Maluku membantu menyediakan anggaran rehabilitasi pembangunan RS Sumber Hidup dan RS Al-Fatah.

Dimana, dalam tahap pertama anggaran disediakan Pemprov sebesar masing-masing Rp 1 milyar dari total Rp 4 milyar yang dibutuhkan.

Link Banner

Hal ini ditegaskan Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaff, saat mencanangkan program renovasi gedung RS Sumber Hidup, Kamis (25/10).

”Kami (Pemprov Maluku-Red), baru bisa kucurkan dana sebesar Rp.1 milyar dari besar dana Rp. 4 milyar. Dan itu, sudah diterima oleh pihak RS Sumber Hidup,” ujarnya.

Baca Juga  Walikota Ambon: Dana Bantuan Gempa Bumi 2019 Segera Cair

Diakuinya, manajemen RS Sumber Hidup dan Al-Fatah harus mempertanggungjawabkan dana yang telah diberikan pemerintah, baru sisa anggaran yang disediakan bisa dicairkan.

Dimana, langkah ini sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

”Untuk itu, saya harap pertanggungjawabannya secepatnya dimasukkan, sehingga di bulan Desember mendatang anggaran sisanya sudah kita berikan,” jelasnya.

Masih terkait atensi Pemprov Maluku menuntaskan masalah kesehatan masyarakat di Maluku, tegasnya, Pemprov Maluku juga mengupayakan mendirikan Rumah Sakit Umum Pusat Terpadu (RSUP) di Maluku.

Dimana, anggaran yang telah dianggarkan pemerintah pusat untuk pembangunan rumah sakit dimaksud sekitar Rp. 800 milyar.

”Tahun ini, tendernya sebesar Rp. 213 milyar. Dan akhir tahun ini juga, struktur lantai 8 (delapan) sudah selesai. Dan tahun depan akan dikucurkan sekitar Rp. 250 milyar,” paparnya.

Baca Juga  Kakanwil Kemenag Maluku Berikan Pembinaan Bagi ASN Kemenag Tual dan Malra

Bukan saja memiliki fasilitas perawatan dan penanganan kesehatan yang mumpuni, akunya, rumah sakit dimaksud juga akan dilengkapi dengan landasan helicopter di bagian atasnya.

”Mungkin akan menjadi RS terbesar di wilayah Indonesia Timur,” tegasnya.

Selain beberapa rumah sakit tersebut, tambahnya, masih ada 1 lagi rumah sakit yang akan segera diresmikan, yakni RS Siloam.

”Di mana-mana saya selalu katakan, jangan ada lagi anak-anak kita yang tidak sehat. Harus sehat. Karena itu, sektor kesehatan dan juga sektor pendidikan menjadi prioritas pembangunan Pemprov Maluku,” pungkasnya. (keket)