Astaga! BLT Tahap II Desa Pulau Gala Tidak Disalurkan ke Masyarakat

oleh -297 views
Link Banner

Porostimur.com, Labuha – Kepala Desa Pulau Gala Sunarto Hi. Bongso dan bendahara desa Hajir Hamisi diduga tidak menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap II, Tahun 2022 kepada warga yang berhak menerimanya.

Hal itu disampaikan Ketua BPD Desa Pulau Gala Maskun Muzakir, kepada jurnalis porostimur.com, Minggu (27/11/2022).

“Torang (kami red) punya BLT tahap II tidak diberikan sama sekali kepada masyarakat. Padahal ini sudah mau masuk pada pembagian BLT tahap III. Bahkan tahap tiga ini pun kami duga akan tidak diberikan juga kepada masyarakat”, tandasnya

“Tiga hari yang lalu saya ke kantor Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Halmahera Selatan untuk mengecek data pencairan BLT dan dari pihak BPMD menyampaikan sudah mencairkan anggaran BLT tahap II untuk Desa Pulau Gala,” ujar Muzakir.

“Dari kantor BPMD saya langsung bertemu dengan bendahara desa untuk tanya persolan itu dan bendahara desa Hajir Hamisi sampaikan bahwa angaran BLT tahap II sebesar Rp. 78,300.000 itu digunakan untuk melobbi proyek masjid di Pulau Gala,” paparnya.

Atas pengakuan bendahara desa itu, Harun pun mengaku heran dan bingung.

“Proyek apa yang mau dilobbi oleh bendahara desa dan kepala desa mengunakanan angaran BLT. ini kan tidak masuk di akal sama sekali. Anggaran BLT wajib hukumnya diberikan kepada masyarakat penerima, dan kenapa kalian alasan mau lobbi proyek. Ini rusak sebenarnya yang dilakukan bendahara sama kepala desa,” ucap Maskum.

Iya juga menambahkan saat ini kepala desa dan bendahara sudah tiga bulan tidak ada di kampung. Jadi semua urusan pemerintah di desa Pulau Gala saat ini anggota BPD yang bekerja.

Pasalnya menurut dia apalagi sekertaris desa juga sudah tidak ada di desa sekertaris sudah masuk perusahaan dan tidak lagi datang ke Desa Pulau Gala.

Atas persoalan tersebut Muzakir mendesak pihak Inspektorat Halmahera Selatan agar segera melakukan audit dana Desa Pulau Gala.

“Kami dengan masyarakat tegas meminta kepada Inspektorat Halsel agar segara turun dan melakukan audit di Desa Pulau Gala Kecamatan Kepulauan Joronga Kabupaten Halmahera Selatan”, tegasnya.

Sementara itu, sesuai data yang diterima wartawan porostimur.com untuk penerima bantuan langsung tunai untuk masyarakat Desa Pulau Gala sebanyak 87 kepala keluarga dengan angaran BLT yang disalurkan sebesar Rp.78,300.000 (tujuh puluh delapan juta tiga ratus rupiah).

Terkait masalah ini, kepala Desa Pula Gala Sunarto Hi. Bongso sudah dikonfirmasi melalui telepon seluler dan juga melalui whatsapp namun hanya dibaca. Sunarto enggan menanggapi permintaan konfirmasi hingga berita ini dipublis. (Amir)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.