Aziz Sangkala Minta Asrama Haji Disiapkan Layani Jamaah

oleh -159 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Wakil Ketua III DPRD Provinsi Maluku, Aziz Sangkala menjelaskan soal kesiapan asrama Haji sekaligus kuota yang akan berangkat untuk Umroh.

Hal ini Asiz sampaikan kepada awak media setelah mengikuti test Rapid Antigen di Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Rabu,(10/2/2021).

“Tahun 2021 ini, kalau kuota haji sudah dibuka oleh pemerintah Arab Saudi, kita bisa mengirimkan jamaah ke sana. Kita Maluku sudah bisa mengelola Embarkasi Antara yah, Maluku sudah bisa terbang ke Arab Saudi dan hanya transit untuk ganti pesawat saja di Makasar,” ungkap Asiz.

Ia meminta kesiapan asrama Haji dalam melayani Jamaah, tentang bagaimana management dan pengaturan di dalamnya, sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik, bagi Jamaah Haji yang akan menggunakan fasilitas asrama Haji itu untuk tinggal saat transit sebelum berangkat ke tanah suci itu bisa berjalan dengan baik.

“Apa lagi kedepan dia akan di manfaatkan oleh beberapa Provinsi di Indonesia Timur yah, Maluku Utara, Papua Barat mungkin juga akan ikut, dan saya rasa perlu management yang baik,” tambahnya.

Baca Juga  Brimob Polda Maluku siap Amankan Malam Tahun Baru dan Siaga Tanggap Bencana

Saat ditanyai tentang berapa banyak yang bisa di berangkatkan, Asiz bilang begini.

“Kuota kita tetap tidak berubah, 1/1000 dari jumlah penduduk kita di maluku, namun kita belum tahu kebijakan pemerintah Arab Saudi di masa pandemi ini ada pengurangan kuota atau tidak,” kata Asiz

Ia menambahkan, Kalau memang jalan dan kebijakan Physical Distancing tetap di pertahankan pemerintah Arab Saudi bisa jadi kuota yang diinginkan hanya sedikit, karena tidak ingin berdesak desakan di kota Mekah.

“Jadi kita tunggu saja kebijakan, ini pun belum tentu tahun ini dibuka lagi. Kita tahu Umroh sudah dibuka tapi dalam jumlah kuota yang sangat kecil, bisa jadi kedepan kuota haji juga tidak akan banyak,” tandasnya. (valen)