BADKO HMI Minta Pemprov Maluku Pulangkan Pengungsi Iha ke Negeri Asal

oleh -123 views
Link Banner

[carousel_slide id=’11594′]

@porostimur.com | Ambon: Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Maluku dan Maluku Utara meminta Pemerintah Provinsi Maluku agar memulangkan masyarakat Negeri Iha yang mengungsi di Desa Liang akibat konflik kemanusiaan pada tahun 1999 silam.

Badko HMI menyebut, sejumlah pengungsi yang berasal dari Negeri Iha, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, hingga saat ini masih berada di Desa Liang, Kabupaten Maluku Tengah.

Nasri Hitimala, Ketua Bidang Perguruan Tinggi dan Kepemudaan, Badko HMI Maluku-Malut mengatakan, masalah ini merupakan tanggung jawab pemerintah.

Link Banner

“Ini harus jadi perhatian khusus gubernur dan bupati. Ini masalah martabat rakyat Maluku,” kata Nasri Selasa (6/9) di Ambon.

Hal senada disampaikan Agus Pical, Ketua Umum Beilohi Amalatu itu mengatakan, pemulangan masyarakat Negeri Iha yang mengungsi ke Negeri Liang, merupakan upaya untuk menjaga persaudaraan antar sesama masyarakat yang terpisahkan oleh konflik. “Supaya jadi orang Maluku yang bermartabat” ucapnya.

Baca Juga  Kapolda Maluku Silaturahmi Ke Kantor Pengadilan Tinggi Agama Ambon

Keduanya berharap, agar para pengungsi tersebut dapat segera dipulangkan ke negeri asal mereka, yakni di Negeri Iha demi persaudaraan. (Dayon)