Bagaimana Nasib Bayi dan Anak Kecil setelah Meninggal? Benarkah Bisa Memberi Syafaat?

oleh -57 views

Bagaimana nasib bayi dan anak kecil yang belum baligh setelah meninggal dunia atau di akhirat? Benarkah mereka bisa memberi syafaat? Pertanyaan ini mengemuka, setelah melihat banyaknya korban bayi dan anak-anak kecil dalam konflik Israel – Palestina. Hampir ribuan, bayi dan anak-anak menjadi korban keganasan zionis Israel tersebut.

Lantas bagaimana pandangan Islam, tentang arwah anak kecil setelah kematian tersebut? Dalam Islam, bayi dan anak-anak kecil yang meninggal dunia mendahului kedua orang tuanya, akan menjadi syafaat bagi ayah atau ibunya tersebut. Bahkan anaknya tersebut dapat menarik ayah atau ibunya untuk masuk surga.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Wahai Ummu Sulaim, tidaklah dua orang muslim yang telah ditinggal mati tiga orang anaknya kecuali Allah akan memasukkannya ke dalam surga karena kasih sayangnya kepada mereka.” Ummu Sulaim kemudian bertanya, “Kalau dua?” Beliau menjawab, “Dua juga.” (HR Bukhari, An Nasa’i, dan Ahmad)

Baca Juga  DPK PMPI Unpatti Desak Kejati dan Polda Periksa Pj. Gubernur Maluku dan Pj. Bupati Malteng Terkait Dugaan Korupsi

Berkenaan dengan ini, Khalid Al Abasi pernah bercerita tentang anaknya yang wafat. Ia kemudian bertanya pada Abu Hurairah RA, “Wahai Abu Hurairah, tidaklah engkau mendengar dari Nabi sesuatu yang menenangkan jiwa kami atas kematian (anak-anak kami)?”

No More Posts Available.

No more pages to load.