Bahas Jalan Lingkar Obi, OKP Halsel Temui Pihak PT. Harita Group

oleh -609 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: OKP/Cipayung Halmahera Selatan melakukan hearing bersama pihak PT. Harita Group, bertempat di kantor perwakilan Bacan, pada 12 April 2021, Pukul,15:00 WIT.

Hadir dalam pertemuan itu, OKP/Cipayung yang terdiri dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Pergerakan Mahasiswa Muslim Indonesia (PMII), Gerakan Pemuda Marhaen (GPM), Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI).

Sedangkan dari pihak PT. Harita Group diwakili oleh Donald Hermanus dan Muchtar Sindang. Hadir pula Kasat Intelkam Polres Halmahera Selatan, R. A Siregar, S.Tr.k.

Dalam pertemuan, OKP/Cipayung Halsel menyampaikan kepada pihak PT.Harita Group terkait dengan adanya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2020 Tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PPSN) hal tersebut merujuk pada Perpres yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 17 November 2020 bahwa Provinsi Maluku Utara juga masuk dalam daftar proyek Strategis Nasional yakni Kabupaten Halmahera Tengah (Kawasan Industri Weda Bay) dan Kabupaten Halmahera Selatan ( Kawasan Industri Pulau Obi).

Dalam Pertemuan OKP/Cipayung Halmahera Selatan menyampaikan isi Pernyataan kepada Pihak PT.Harita Group dan Pihak Kepentengan lainnya adalah sebagai berikut.

  1. PT.Harita Group Bersama Pemerintah Provinsi, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Maluku utara dan Pemerintah Daerah Halmahera Selatan mendorong secepatnya pelaksanaan Jalan Lingkar Obi Tahun 2021.
  2. OKP/ Cipayung Menegaskan Kepada Seluruh pemangku Kepentingan terkait dengan Program Strategis Nasional tidak ada yang main main dengan Anggaran dari pemerintah Pusat Untuk Kepentingan Jalan Lingkar Obi pada tahap pertama sampai pada proses penyelesaian.
  3. OKP/Cipayung Halmahera Selatan akan terus berkoordinasi dengan Pengurus Pusat masing-masing di Jakarta agar membangun komunikasi langsung dengan kementerian terkait bahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia untuk mengawal Program Strategis Nasional yang terlaksana di Kepulauan Obi.
  4. Memintah Kepada Pihak PT.Harita Group lewat Program Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat (PPM) wajib kita kawal dan dukung bersama untuk kepentingan Masyarakat Obi di sektor Pertanian dan Nelayan.
  5. OKP/Cipayung Halmahera Selatan siap mendukung dan mengawal Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 Tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional yaitu Jalan Lingkar Obi tahun 2021.
Baca Juga  Dua Kemenangan Lagi Ajax Juara Liga Belanda

Pada kesempatan tersebut, Donald Hermanus sebagai Keterwakilan dari PT.Harita Group, menyampaikan sedikit catatan Rapat “Jalan Lingkar Obi” pada Tanggal 09 April 2021.

“PT.Harita Group sekali lagi menegaskan tidak pernah menolak dan menghalangi bahkan kami sangat mendukung penuh program Strategis Nasional yaitu jalan lingkar Obi, kami menyerahkan kepada pihak BPJN Maluku Utara silahkan berkoordinasi dengan Dirjen Bina Marga, Kementerian PUPR Republik Indonesis di Jakarta,” ucap Donald Hermanus.

Hermanus bilang, terkait dengan Berita Acara yang kian menjadi issu di tengah-tengah masyarakat halsel, seolah-olah pihaknya menolak progam jalan lingkar Obi hal ini tidak dapat dibenarkan.

“Kami sedikit menjelaskan terkait keberatan yang tertuang dalam Berita Acara, pada saat tim survei turun ke lapangan (site harita) tidak ada koordinasi tiba-tiba peta jalan yang dikeluarkan masuk diwilayah IUP PT. Harita Group. Kami Wajib menyampaikan dan turut mengingatkan agar dapat diperhatikan sesuai dengan prosedur perundang-undangan pertambangan serta persyaratan lainnya yang berlaku,” ungkapnya.

Baca Juga  Pertamina Rampungkan Pembangunan Tangki di 12 Lokasi, Maluku-Malut Termasuk

Hermanus berharap seharus-nya ada pertemuan awal untuk dibicarakan sebelum turun ke lapangan, sehingga bisa dicari solusi bersama demi kelancaran pelaksanaan jalan lingkar Obi. Pihaknya juga telah menyampaikan kepada pihak BPJN Maluku Utara silahkan berkoordinasi dengan Kementerian ESDM Republik Indonesia terkait dengan Izin Usaha Pertambangan (IUP).

“Sekali lagi untuk pihak Harita, pelaksanaan Jalan lingkar Obi baik memasuki wilayah IUP dan tidak silahkan BPJN dapat berkoordinasi dengan Kementerian ESDM agar tidak saling menyalahkan dan merugikan pihak lain intinya Pihak Harita sangat mendukung penuh jalan Lingkar Obi,” hadapnya.

Dalam kesempatan itu, pihak Harita Group juga, turut menjelaskan Program CSR yang telah diganti oleh Pemerintah yaitu Program Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat (PPM).

Baca Juga  Kodim 1509/Labuha Lepas Personil Pindah Satuan

Pihak PT. Harita Group menurutnya sangat mengharapakan masukan dari masyarakat Obi, agar program PPM benar-benar tepat sasaran dan menjadi program berkepanjangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Obi.

“Kami sangat berterima kasih apa yang diusulkan oleh teman-teman OKP/Cipayung Halsel agar progam PPM Harita lebih mengutamakan di bidang Nelayan dan Pertanian serta dijadikan program unggulan kami kedepan. Usulan seperti ini sangat diharapakan agar program PPM sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” pungkasnya. (adhy)