Bahas Persiapan EHA, Kemenag Maluku Gelar Rakor Bersama Tim Visitasi Ditjen PHU Kemenag RI

oleh -13 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Maluku bersama tim visitasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama RI.

Rapat yang dihadiri langsung oleh Direktur Pelayanaan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Kemenag RI, Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I berlangsung di Gedung Asrama Haji Maluku, Kamis (10/9/2020).

Hadir mendampingi tim visitasi Ditjen PHU Kemenag RI, Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag dan Karo Kesra Setda Pemprov Maluku, Haji Muhammad dan Kabid PHU Kanwil Kemenag Maluku H. Yamin. Turut hadir pejabat eselon III/IV Kanwil Kemenag Maluku dan staf Bidang PHU Kanwil Kemenag Maluku 

Ka.Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag dalam laporannya mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kedatangan Direktur Pelayanaan Haji Dalam Negeri beserta rombongan dan Pemda Maluku dalam hal ini Biro Kesra Setda Maluku.

Link Banner

“Semoga melalui pertemuan ini, impian masyarakat Maluku terkait dengan EHA segera dapat terwujud,” kata Ka.Kanwil

Baca Juga  Pemerintah Tetapkan Zakat Fitrah 35 Ribu Rupiah Per Orang di Kepsul

Dikatakan, untuk memproses percepatan EHA Provinsi Maluku, pihaknya telah melakukan berbagai langkah-langkah strategis dengan melakukan koordinsi lintas sektoral bersama pemerintah daerah dan stakeholder lainnya.

Koordinasi lanjut Ka.Kanwi yakni, terkait dengan, pekerjaan jalan masuk ke Asrama Haji, permohonan percepatan EHA kepada Menteri Agama, dukungan Gubernur Maluku terkait EHA dan pembentukan UPT Asrama Haji, rapat koordinasi dengan DPRD Maluku untuk pembentukan Perda inisiatif terkait Asrama Haji dan UPT.

“Selanjutnya kami telah menindaklanjuti dengan melakukan sosialisasi terkait dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H, beserta pembangunan sarana infrastruktur penunjang EHA,” tutur Ka.Kanwil

Baca Juga  Delapan Karyawan CITIC Dilepas Setelah Dikarantina 14 Hari

Sementara itu, Direktur Pelayanaan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Kemenag RI, Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I kepada media ini mengatakan, kedatangannya bersama rombongan ke Provinsi Maluku untuk menindindaklanjuti surat rekomendasi Gubernur Mauku untuk mempercepat Maluku dijadikan sebagai Embarkasi Haji Antara di kawasan Timur Indonesia, sekaligis meninjau sarana dan prasarana pendukung EHA dan pembentukan UPT.

“Kalau dilihat asrama haji dari sisi bangunan sudah sangat bagus dan kapasitasnya sudah memenuhi syarat. Kemudian gedung layanan satu atap ini juga sudah tersedia,” kata Yanis

Untuk dijadikannya Maluku sebagai Embarkasi Haji Antara menurutnya, dibutuhkan berbagai persyaratan-persyaratan, karena proses operasionalnya nanti di Asrama Haji sudah sama dengan embarkasi.

“Kami juga sedang mengkaji terkait aula kedatangan dan pemberangkatan. Terkait aula kedatangan saya pikir tidak ada masalah, namun kita harus mengkaji lebih lanjut karena proses pengimigrasian sudah disitu tentu harus ditata dengan baik dan kami sudah siapkan anggaran tahun 2021 dibangun aula yang baru ditambah kamar tambahan. Jadi ada bangunan tiga lantai yang akan kita bangun,” katanya

Baca Juga  Seram timur digoyang gempa 5,3SR

Usai melaksanakan Rakor, tim visitasi Ditjen PHU ini meninjau kesiapan gedung Asrama Haji Maluku dari segi sarana dan prasarana. Selanjutnya kegiatan ini dirangkaikan dengan penyerahan paket bingkisan sembako bagi enam petugas yang menjaga gedung asrama haji dan pegawai honorer Bidang PHU Kanwil Kemenag Maluku.

Penyerahan paket sembako diserahkan langsung oleh Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Kakanwil Kemenag Maluku, Karo Kesra Setda Maluku, Plt Kabag TU, H. Yasir Rumadaul, S.Ag, M.Pd.I dan beberapa orang tim visitasi Ditjen PHU Kemenag RI. (red/inmas)