Bahas Rekrutmen 732 Guru Kontrak, ini Harapan DPRD Maluku

oleh -66 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Komisi IV DPRD Maluku melakukan rapat bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) guna membahas persiapan rekrutmen tenaga guru kontrak di tahun 2022 untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Maluku Ruslan Hurasan menjelaskan, dalam kesempatan tersebut dibicarakan persiapan rekrutmen guru kontrak bagi SMA dan SMK di Provinsi Maluku tahun 2022.

“Jadi di tahun 2022 sesuai dengan formasi ada 732 guru kontrak. Formasi ini sesuai dengan analisa kebutuhan guru di seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Maluku,” ujar Hurasan kepada awak media di Baileo Rakyat-Karpan, Jumat (18/2/2022).

Menurut Hurasan, sesuai pejelasan Kadis Pendidikan, rekrutmen ini merupakan analisa kebutuhan sehingga Dikbud berkoordinasi dengan cabang dinas, bersama dengan kepala-kepala Sekolah SMA dan SMK maka lahirlah formasi 732 ini. Formasi ini tentu melihat kebutuhan guru mata pelajaran.

“Rekrutmen dilakukan tanggal 26 Februari tahun 2022 dan dilakukan tes, lalu disepakati tanggal 27 Februari 2022 langsung dilakukan pengumuman jadi transparasi,” terangnya.

Baca Juga  Dana BOS Bermasalah, Kepala Sekolah SMKN 6 KKT Segera Dicopot

Dirinya menambahakan, dalam waktu dekat ini dilakukan sosialisasi dan pengumuman pendaftaran. Rekrutmen hanya diberlakukan bagi guru-guru kontrak dengan syarat rekrutmen pernah mengajar di sekolah.

“Lokasi tes ini sesuai dengan pemetaan, paling hanya dilakukan di pulau Ambon itu termasuk Maluku Tengah sebagiannya yaitu Kecamatan Leihitu, Leihitu Barat dan Salahutu masuk dalam kota Ambon, dan sisanya ada di kabupaten/kota masing-masing,” jelasnya.

Hurasan mengatakan, tes dilakukan dengan mekanisme sekarang yaitu tes online, sehingga cepat mengeluarkan hasilnya dengan sistim penilaian tertinggi. Dia berharap, ini berjalan secara baik.

“Tadi juga kita membicarakan bersama soal formasi PPPK di tahun 2022 di Provinsi Maluku, ada formasi untuk Maluku itu ada 1805 orang. Tapi belum tes,” katanya.

Baca Juga  Komisi IV DPRD Maluku Akan Dorong untuk Segera Belajar Tatap Muka

“Maka itu saya harapkan bagi guru-guru kontrak terus dipersiapkan dan mengikuti pelatihan-pelatihan secara aktif sehingga pada nanti tes tahap 3 mereka sudah siap dan mudah-mudahan bisa lulus,” harapnya. (Nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.