Bahrain Kasuba Buka Kegiatan “Tolak Bala” di Desa Panambuang

oleh -49 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba, membuka kegiatan Adat Talo Tao (Tolak Bala) di Desa Panambuang, Kecamatan Bacan Selatan, Kamis, (30/01/20)

Kegiatan Tolak Bala ini diselenggerakan oleh pemerintah desa bersama Lembaga Aliansi Indonesia, Kabupaten Halmahera Selatan di lapangan Desa Panambuang, Kecamatan Bacan Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan.

Bupati Halsel H. Bahrain Kasuba hadir bersama istrinya Hj. Nurlela, Ibnu Tufail Iskandar Alam, Ompu Juru Tulis dari Kesultanan Bacan, dan Ketua Lembaga Aliansi Indonesia Kabupaten Halsel, Sarjan Taib, Hadir pula beberapa pimpinan SKPD Kabupaten Halmahera Selatan.

Kehadiran bupati dan rombongan disambut meriah oleh warga Desa Panambuang, melalui tradisi Cakalele dan Tarian Masamper dari adat Sanger.

Link Banner

Kegiatan adat bertajuk “Kamai Ria Dodoto Tahapso” ini, sudah menjadi kegiatan rutin masyarakat Desa Panambuang yang di selenggarakan setahun sekali.

Baca Juga  Kapolres Halsel Kunker di Polsek Bacan Timur

Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari tiga Suku yakni Suku Sanger, Suku Tobelo Galela, dan Suku Makian.

Hal ini bertujuan untuk memupuk kebersamaan warga Desa Panambuang khususnya dan warga Halsel pada umumnya.

Kepala Desa Panambuang, Heriwanus Karlos menyampaikan, kegiatan adat dengan tema Kamai, Ria Dodoto, Tahapso. Sesunguhnya memiliki hakikat yang dalam.

“Dimana dengan adanya kegiatan adat ini dapat memperkuat kebersamaan, dan persatuan masyarakat Desa Panambuang dan masyarakat Halsel. Hal ini juga merupakan rancangan progres pembangunan Desa Panambuang yang lebih baik kedepan,” pungkas Kades Panambuang.

Bahrain Kasuba, dalam sambutanya sekaligus membuka acara “Tolak Bala” menyatakan, dengan adanya pelestarian budaya tentunya akan memberi nilai positif terhadap kehidupan bermasyarakat yang lebih baik dan damai. Hal ini perlu dijaga dan dilestarikan.

Baca Juga  A Thousand Cuts, Potret Buram Kebebasan Pers di Filipina

Bahrain menambahkan, pemerintah akan mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan masyarakat, bahkan dia pun berjanji akan tetap mengawal serta melanjutkan pembangunan yang ada di Halsel.

“Saya akan tetap mengawal dan tetap melanjutkan pembangunan, karena saya telah meletakkan dasar-dasar pembangunan. Untuk itu saya tetap berupaya membangun Halsel hingga masyarakat benar-benar merasakan kesejahteraan yang sesungguhnya,” kata Bahrain. (adhy)