Bakal Data Ulang, Ketua KPU Maluku: Satu TPS Bisa 600 Pemilih

oleh -51 views

Porostimur.com, Ambon – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, bekal melakukan pendataan ulang terhadap jumlah kebutuhan tempat pemungutan suara (TPS) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024.

Ketua KPU Maluku Muhammad Shadehk Fuad mengatakan, langkah ini merupakan tahapan dalam PKPU menuju pilkada serentak2024

Menurut Shadehk Fuad, pendataan ulang TPS ini diperlukan untuk menyesuaikan jumlahnya dengan jumlah pemilih yang terdaftar di setiap wilayah.

“Sehingga masyarakat yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih bisa terakomodir dan menggunakan hak pilih mereka,” ujar Fuad, Minggu (30/6/2024) di Ambon.

“Kami sedang melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa setiap TPS memiliki kapasitas yang cukup dan tidak terjadi kerumunan selama proses pencoblosan,” sambungnya.

Baca Juga  BMKG: Waspada Gelombang Tinggi Hingga 2 Meter di Perairan Maluku Utara

Menurut dia, jumlah pemilih dalam TPS pada pilkada berbeda dengan pemilu. Kalau saat pemilu yang lalu, maksimal pemilih dalam TPS hanya 300 orang, sementara pada pilkada maksimal mencapai 600 orang.

“Jadi tentu jumlah TPS tidak sama, tapi pastinya TPS itu setelah pantarlih melaksanakan coklit. Sementara jumlah yang telah terdata untuk pilkada 2024 sebanyak 3.163 TPS,” ujarnya.

Fuad juga mengatakan KPU Maluku telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah daerah setempat untuk memastikan kelancaran proses pilkada tahun ini.

No More Posts Available.

No more pages to load.