Bakamla Zona Maritim Timur Gelar Sosialisasi Terkait Bahaya dan Pengaruh Narkoba

oleh -55 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Bakamla Zona Maritim Timur menggrlar kegiatan Sosialisasi terkait Bahaya dan pengaruh Narkoba sekaligus pengecekan Narkoba terhadap seluruh Personil Bakamla Zona Timur, Pangkalan Kapal, KN Kuda Laut 403 dan KN Ular laut 405 serta SPKKL Ambon.

Kegiatan Sosialisasi ini mengundang Pembicara dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku yakni Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Maluku Drs. Abner Timisela, M.Si., ( mewakili Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku Brigjen Pol. Drs. Jafriedi, M. M. ) bertempat di Kantor Pangkalan Armada Kamla Ambon Jl. Wolter Monginsidi, Desa Halong, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Jumat (24/7/20) pukul 09:00 WIT.

Turut Hadir dalam Kegiatan Sosialisasi tersebut : Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Arif Sumartono, S.Sos., M.Si (HAN), Kabid Operasi Zona Maritim Timur Kolonel Bakamla Edward Holomoan Sibuea, S.T., M.M ), Kepala Pangkalan Armada Kamla Ambon Kolonel Bakamla Irwan Shobirin, Kasubbid Informasi Zona Maritim Timur Letkol Bakamla Abdullah Leurima, S.Pi, Komandan KN Kuda Laut 403 – KN Ular Laut Letkol Bakamla Umar Dhani, Kepala SPKKL Ambon Mayor Bakamla Sammy Matriks Picauly, S.Pi, Para Kasubbid, Kasubbag dan Kasi Lingkup Zona Maritim Timur Ambon, Seluruh Personel Kantor Zona Maritim Timur – SPKKL Ambon – Pangkalan Armada Kamla Ambon – KN Kuda Luat 403 dan KN Ular Luat 405.

Baca Juga  Festival Teluk Ambon ke 14 Siap Dihelat 18 Agustus

Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Arif Sumartono, S.Sos., M.Si (HAN) dalam sambutannya mengatakan narkoba itu adalah masalah Nasional, jadi ini yang paling penting bahwa untuk menangani narkoba ini bukan hanya satu instansi saja.

Link Banner

“Gejala narkoba di Indonesia sangatlah mengerikan jadi tentunya disini kita tidak hanya bebas semata-mata, namun diharapkan peran kita bersama,”Pinta Arif.

Arif menambahkan secara institusi Bakamla Zona Maritim Timur mengucapkan terima kasih atas berjalanya kegiatan pengecekan urine dan sosialisasi ini dengan aman dan lancar karena institusi ini yang sangat profesional untuk mengecek urine dan hasilnya boleh dinyatakan maksimal karena suda dilaksankan oleh institusi berwenang.

“Kemudian kedepan tentunya kita harus bersungguh-sungguh untuk membantu mensosialisasikan kegiatan seperti ini dan kita dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku dapat bermitra dan bekerja sama untuk mengurangi pengedaran Narkoba di wilayah maluku dan sekitarnya”,Ungkap Arif.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Maluku Drs. Abner Timisela, M.Si dalam penyampaiannya menjelaskan peredaran gelap narkoba bukan hanya menyasar orang dewasa dan remaja, melainkan juga anak-anak. Minimnya fasilitas dan aksesibilitas layanan rehablitasi bagi pecandu narkoba.

Baca Juga  Tingkatkan Kekompakan, Balai TN Aketajawe Lolobata Lakukan Family Gathering di Pulau Morotai

“Stigma terhadap penyalahguna narkoba sehingga takut melaporkan diri. Sistem penegakkan hukum yang belum mampu memberikan efek jera. Modus operandi dan variasi narkoba yang berkembang. Lapas yang bertansformasi menjadi pusat kendali peredaran gelap narkoba. Jumlah Penyalahguna Narkotika yang begitu Tinggi Mengakibatkan Indonesia Menjadi Negara Sasaran Pengedaran Gelap Narkotika,”Jelas Timisela.

Menurut Timisela, jalur laut menjadi pintu masuk narkoba yang paling dominan. Jalur yang melewati pelabuhan resmi dan ilegal ditempuh karena semakin ketatnya pengawasan di bandara. Aceh merupakan daerah penghasil ganja satu-satunya di Indonesia. Meski demikian, beberapa wilayah di Papua ternyata juga menghasilkan ganja meski belum banyak diedarkan ke seluruh Indonesia.

Timisela menambahkan faktor Pendorong Penyalahgunaan Narkoba yakni Diri Sendiri, karena kurangnya Pengendalian Diri (Iman ), Konflik Individu (mental lemah , stress ) Keluarga. Kurang perhatian Keluarga, Broken home. Kurangnya Penerapan Disiplin dan Tanggung Jawab, terlalu keras/lunak. Tidak ada komunikasi dlm keluarga. Lingk Sosial Salah Gaul, Ikut-ikutan, jebakan, iming-iming. Kelompok. Masyarakat Yang Individualistis, Pengaruh Teman/Lingkungan. Ekonomi, Kemiskinan.

Baca Juga  Empat Pemuda di Desa Prapakanda Keroyok Pengantin Pria

Selain itu, Kabid Operasi Zona Timur Kolonel Bakamla Edward Holomoan Sibuea menyampaikan pihaknya sangat Apresiasi terhadap pelaksanaan sosialisasi khususnya di Bakamla Zona Maritim Timur sehingga ini memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap akibat melakukan kegiatan yang berhubungan dengan Narkoba. (ebot)