Bakar sampah, rumah pun turut dijilati lidah api

oleh -34 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : bagi warga Kota Ambon yang hendak melakukan bersih-bersih sampah berupa daun kering dengan cara membakarnya, sebaiknya berkati-hati.

Pasalnya, saat daun kering tersebut dibakar, jika diperhatikan akan menjalar ke areal atau material yang mudah terbakar.

Insiden seperti inilah yang terjadi di Jalan Cendrawasih Gang viva RT002/RW05 Kelurahan Rijali, Kecamatan Sirimau, Minggu (3/2), sekitar pukul 18.03 Wit.

Warga setempat, Jimmy Tahamata (59), yang sementara membersihkan tumpukan sampah daun mangga kering dan membakarnya, terpaksa harus berjibaku dengan lidah api yang lolos dari perhatiannya.

Link Banner

Alhasil, sebagian atap rumah dan bagian luar rumahnya hangus dilalapapi.

Hal ini dibenarkan Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Julkisno Kaisupy, saat berhasil dikonfirmasi wartawan.

Baca Juga  Enam Bulan tak terima honor, Karyawan gelar aksi kotori Kantor Gubernur Maluku Utara

Menurutnya, saat Tahamata membersihkan sampah berupa daun kering pohon mangga yang berserakan di samping rumahnya, ia pun membakar sampah tersebut, sekitar pukul 17.30 Wit.

Sembari melanjutkan pembersihan ditempat yang lain, Tahamata tidak menyadari api dari pembakaran sampah tadi membesar dan menjalar ke plafon luar rumahnya.

Begitu mengetahui adanya jilatan lidah api, pihak keluarga pun berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, seraya menelpon pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Ambon untuk meminta bantuan memadamkan kebakaran dimaksud.

Tak lama, jelasnya, 4 unit mobil pemadam Kebakaran Kota Ambon tiba di TKP dan langsung memadamkan api, sekitar pukul 18.09 Wit.

Selain itu, tegasnya, personil PRC Polres P. Ambon dibantu personil Polsek Sirimau juga tiba di TKP dan langsung membantu proses pemadaman dan mengatur arus lalu lintas di sekitar TKP, sekitar pukul 18.14 Wit.

Baca Juga  Polda Maluku Berhasil Mengamankan Aset Faradiba Yusuf yang Diselundupkan ke Surabaya

Ditambahkannya, api pun berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.32 Wit.