Bakti Sosial Kesehatan, Wujud Nyata Kepedulian TNI Terhadap Kesehatan Masyarakat

oleh -173 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kodam XVI/Pattimura dengan menggandeng Puskesmas Desa Suli dan sejumlah Tenaga Medis baik dari TNI-Polri, menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di Desa. Suli, lebih tepatnya dipusatkan di Puskesmas Desa Suli Kec.Salahutu Kab. Maluku Tengah, Rabu (11/03/2020).

Kegiatan yang bertemakan “Bakti Sosial Kesehatan Dalam Rangka Serbuan Teritorial Kodam XVI/Pattimura Tahun 2020” ini diselenggarakan oleh Kodam XVI/Pattimura yang turut dihadiri oleh Aster Kasdam XVI/Ptm Kol Inf. Ali Aminudin, Kakesdam XVI/Ptm Kol Ckm. Khairul Kiah, Waster Kasdam XVI/Ptm Letkol Inf. Yayat Priatna dan Kepala Puskesmas Desa Suli Bpk Samuel Termas Amd Kep. S Sos Mh. Kes.

Seperti yang disampaiakan oleh Aster Kasdam XVI/Ptm Kol Inf. Ali Aminudin, bahwa kegiatan yang dimulai pukul 08.30 s.d 11.30 WIT bertujuan untuk membantu warga masyarakat disana dan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan serta menunjukkan bahwa TNI dalam hal ini Kodam XVI/Pattimura tidak hanya memperhatikan masalah keamanan saja, namun juga aktif dalam kegiatan sosial khususnya kesehatan kepada masyarakat.

Baca Juga  Polres SBB dan Lapas Kelas IIB Piru Gelar Bimbingan Rohani dan Mental Bagi Warga Binaan

Masyarakat di Desa Suli sangat antusias dalam mengikutinya dan merasa bahagia karena sudah dibantu. Terbukti dari mereka yang berbondong-bondong datang ke Puskesmas Desa Suli untuk mengantri dan mendaftar pada pengobatan gratis tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga mendapat respon positif dari masyarakat sekitar termasuk dari Kepala Puskesmas Desa Suli.

“Saya selaku pimpinan Puskesmas Desa Suli, sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini, berkat sinergitas Puskesmas Desa Suli dengan Kodam XVI/Pattimura, kegiatan ini bisa terlaksana, saya juga mengucapkan terima kasih karena dengan kegiatan ini sangat memberikan manfaat kepada masyarakt, sebelumnya masyarakat sangat sulit menjangkau akses pelayanan kesehatan”, ujar Bapak Samuel.

Bapak Samuel berharap kedepannya agar kegiatan-kegiatan begini dapat ditingkatkan lagi, baik intensitasnya maupun kualitas pelayanan kesehatannya bagi masyarakat.

Baca Juga  Saat PDIP dalam Pusaran Trauma Politik PKI

Pertama-tama kegiatan tersebut dibuka dengan peserta/pasien melaksanakan pendaftaran dilanjutkan dengan pelaksanaan tensi. Dilanjutkan pembagian pasien ke dalam tiga bidang pengobatan yaitu pengobatan Umum, Pengobatan Gigi, dan Khitanan menuju ke masing-masing ruangan pengobatan yang sudah diselenggarakan. Disela-sela kegiatan juga diselingi dengan Sosialisasi terkait cara penyebaran Virus Corona atau COVID-19 kepada peserta Pengobatan/pasien oleh Ibu Febi Silano (Tim Promosi dari Puskesmas Suli).

Ibu Nani (35) masyarakat Desa Tial yang kebetulan berkesempatan hadir mengatakan, Dirinya sangat terbantu dengan adanya baksos kesehatan gratis ini.

“Walaupun rumah Kami Jauh, Kami banyak berterima kasih pada Kodam XVI/Pattimura yang menyelenggarakan kegiatan hari ini, sangat bermanfaat bagi masyarakat kami, semoga apa yang rencanakan ke depan dapat tercapai dan harapan kami agar bermanfaat bagi seluruh masyarakat” ujar Nani.

Baca Juga  Formasi Dokter Gigi dan Radiografer CPNS Halbar Tanpa Peminat

Sampai akhir kegiatan, jumlah peserta/pasien yang ikut dalam Baksos ini tercatat sebanyak 153 orang dengan perincian Jumlah Pasien Umum 111 Orang, Jumlah Pasien Gigi 21 Orangdan Jumlah Pasien Khitanan 21 Orang. Sebagai informasi, direncanakan pada hari Sabtu tanggal 14 Maret 2020 kegiatan Baksos serupa akan selenggarakan di Rindam XVI/Pattimura. (ebot)