Balai Karantina Pertanian Ternate Pastikan Hewan Qurban Dari Maluku Utara Sehat

oleh -14 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Jelang hari raya Idul Adha, lalu lintas keluar hewan qurban seperti sapi, kambing, dan kerbau dari Maluku Utara meningkat. Balai Karantina memastikan kesehatan hewan qurban yang sebagian basar akan dibawa ke Sulawesi.

Menurut Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate, Yusup Patiroy, pada Juni hingga pertengahan Juli 2021, lalu lintas hewan qurban meningkat 100 persen dari bulan-bulan sebelumnya. Seluruh hewan akan dibawa keluar melalui pelabuhan.

“Tugas kami memastikan hewan-hewan qurban dari Maluku Utara ini sehat, agar masyarakat dapat menjalankan ibadah qurban dengan tenang,” ujar Yusup di Ternate, Ahad (18/7/2021)

Berdasarkan data Balai Karantina Pertanian Ternate, pada Juni 2021 terdapat 394 ekor sapi, 65 ekor kambing, dan 19 ekor kerbau yang keluar dari Maluku Utara. Sementara pada pertengahan Juli 2021 sebanyak 167 ekor sapi, 15 ekor kambing, dan 14 ekor kerbau telah keluar Malut. 

“Untuk sapi dan kambing, tujuan utamanya ke Makassar, Gorontalo, Bone, dan Luwuk. Sementara permintaan kerbau selama ini banyak dari Toraja,” ujarnya.

Baca Juga  Ketua Komisi II DPRD Kepulauan Sula Minta Polisi Percepat Usut Pelaku Pencurian Laptop dan Infokus di Dinas Pendidikan

Dia mengatakan, sebagian besar hewan qurban dibawa keluar melalui Pelabuhan Bastiong dan Sanana. Maluku Utara diketahui menjadi pemasok kebutuhan hewan ke daerah lain.

Sebelum dilalu lintaskan, petugas Karantina Pertanian Ternate mengambil sampel darah hewan qurban untuk uji screening Brucellosis menggunakan Rose Bengal Test (RBT). Brucellosis merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Brucella abortus yang menyebabkan gangguan reproduksi pada hewan ternak, seperti sapi, kambing, dan kerbau.

(red/inews)

No More Posts Available.

No more pages to load.