Balai Taman Budaya Helat Lomba Seni antar Sanggar Sekota Ambon

oleh -71 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Balai Taman Budaya Maluku, Sabtu (18/5), menghelat event budaya bertajuk: Pegelaran Seni antar Sanggar se-Kota Ambon, Tahun 2019, bertempat di Taman Budaya, Karang Panjang, Kota Ambon.

Pagelaran ini, diikuti oleh berbagai sanggar Dan komunitas seni di Maluku, seperti: KS Pahanasa IAIN Ambon, BSM, Sanggar Boyratan, Sanggar Lelemuku, Sanggar Amanisal, dan Sanggar Kabaresi.

Pagelaran Seni ini, menurut Penanggung Jawab acara, Semi Toisuta, bertujuan untuk menambah panggung agar menghidupkan kreatifitas para seniman, kelompok-kelompok kesenian, dan sanggar-sanggar yang ada di Provinsi Maluku.

Semi Toisuta, kepala taman Budaya Provinsi Maluku kepada media person mengatakan, menggukanakan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kebudayaan Tahun Anggaran 2019.

Link Banner

Menurut Toisuta, kegiatan ini dimaksudkan untuk merangsang dan memfasilitasi, kreativitas dan daya cipta para pelaku kesenian yang ada di Maluku.

Baca Juga  Ibrahimovic: Milan Adalah Rumah Saya

“Ini bagian dari komitmen pemerintah. Tinggal masyarakat yang menjalankan. Fungsi pemerintah hanya sebagai pengayom, fasilitator, dan dinamisator,” papar Toisuta.

Lebih jauh Toisuta mengatakan, pemerintah menyiapkan anggaran melalui DAK dan juga anggaran dari daerah guna mendukung para pelaku budaya.

“Nanti tanggal 22 dan 24 Mei 2019, akan lagi ada kegiatan demikian juga nanti di bulan Juli. Kita akan terus menyiapkan panggung”, tutur Semi.

Dirinya berharap, ke depan akan semakin banyak tumbuh kelompok-kelompok kesenian itu semakin di Maluku, khususnya di Kota Ambon.

“Harapan kita, ke depan akan tumbuh banyak kelompok kesenian dan pelaku budaya yang mampu mengharumkan nama Maluku di tingkat nasional maupun international. Dan untuk itu Taman Budaya Maluku akan menjadi pengawal”, tukas Toisuta. (andi)