Bandara Pattimura Ambon Pasang Alat Pencegah CoronaVirus

oleh -241 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara Pattimura Ambon telah memasang alat thermo scanner yaitu alat untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang yang mencegah penyebaran Virus Corona.

“Terkait dengan virus corona, di bandara Pattimura kami sudah melakukan langkah-langkah antisipasi terkait dengan penanganan virus corona bagi penumpang domistik di bandara Pattimura Ambon. Walaupun bandara Pattimura Ambon belum ada penerbangan langsung Internasional terjadwal ke bandara Pattimura Ambon namun kami dari pihak bandara tetap mengantisipasi karena ada penerbangan-penerbangan yang dari Manado dan Denpasar,” ungkap GM PT. Angkasa Pura I, Amiruddin Florensius, kepada wartawan, Selasa (28/1/2020).

Amiruddin mengatakan hal ini tentunya tidak terlepas dengan langkah-langkah antisipasi tersebut, kita melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam hal ini KKP (Kesehatan Karantina Pelabuhan) dalam menangani virus corona.

Baca Juga  Italia Disebut Tak Punya Bintang, Mancini: Argentina Tak Pernah Juara Bersama Messi

“Dengan tujuan untuk mengambil antisipasi pencegahan penularan virus corona bagi penumpang yang masuk ke pintu kedatangan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya virus corona di bandara Pattimura Ambon dengan tahapan-tahapan yaitu pihak KKP dengan kita lakukan koordinasi telah memasang alat termoskener yang sebetulnya termoskener ini sudah ada sejak lama, kita pasang yang lokasinya ada di terminal kedatangan khusus penumpang kita antisipasi nanti penumpang Bali dan Manado,” kata Amiruddin.

Amiruddin menjelaskan dengan mekanisme ketika penumpang melewati alat tersebut dan terdeteksi suhu diatas 38° maka peks akan dibawah keruang isolasi yang berada di ruang KKP, setelah diperiksa di ruang isolasi dan terdeteksi virus apabila penumpang tersebut terdeteksi virus akan dirujuk ke RS terdekat di Kota Ambon yaitu RSUD Haulussy Ambon.

Baca Juga  Peduli Lingkungan, Mahasiswa Kubermas Khairun Ternate Gelar Bakti Soal dan Pembuatan Tempat Sampah

“Dengan demikian juga bukan hanya bagi pesawat yang domestik, pesawat yang carter dari luar yaitu Internasional juga akan memberitahukan ke KKP, selanjutnya pemeriksaan penumpang dan kru akan dilakukan didalam pesawat dengan menggunakan termosken digital,” jelas Amiruddin.

Amiruddin menambahkan ini semua adalah salah satu antisipasi kesiapan penanganan virus corona yang dilakukan di Bandara Pattimura Ambon.

“Kita akan tetap memantau setiap penumpang yang ada untuk mengantisipasi adanya penularan virus corona di Ambon,” tambah Amiruddin. (ebot)