Banjir Halmahera Utara, Ratusan Warga Diungsikan ke Perbukitan

oleh -67 views
Link Banner

Porostimur.com | Tobelo: Ratusan warga Desa Bailangit, Kecamatan Kao Barat, Halut, Maluku Utara yang terdampak banjir berhasil dievakuasi oleh Tim gabungan yang terdiri dari Badan SAR Nasional Ternate, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Halmahera Utara dan TNI-Polri. Para korban pun diungsikan ke daerah perbukitan, Sabtu (16/1) malam.

Kepala Basarnas Ternate Muhammad Arafah mengungkapkan, warga korban banjir terjebak dalam rumah mereka ketika ketinggian air sudah mencapai 80 sentimeter hingga 1 meter.

“Warga Desa Bailangit kemudian dievakuasi ke lokasi pengungsian di Desa Kai menggunakan perahu karet milik Pos SAR Tobelo,” ungkap Arafah.

Melansir tandaseru.com, hingga malam ini, total ada 485 warga Bailangit yang mengungsi.

Sedangkan warga empat desa lainnya yang juga terdampak banjir, yakni Desa Soa Hukum, Desa Somaetek, Desa Tiguis Parseba dan Desa Pitago memilih bertahan di rumah masing-masing sembari menunggu air surut.

Baca Juga  Membiarkan ODP Berkeliaran Politisi Nasdem minta Bupati Copot Ketua Tim Gugus

“Kami terima info dari OSC di lapangan bahwa masyarakat yang berada di desa yang lain tidak mau untuk dievakuasi dan memilih bertahan di rumah masin,” tambah Arafah.

Sampai saat ini, tim SAR gabungan masih siaga di lokasi pengungsian. Tim melakukan pemantauan seraya menunggu perkembangan banjir selanjutnya. (red/tsc)