Banjir Terjang Sejumlah Desa di Halmahera Utara & Halmahera Barat

oleh -145 views
Link Banner

Porostimur.com | Galela: Hujan deras yang mengguyur kawasan Halmahera Utara sejak malam tadi menyebabkan banjir di tiga desa yang ada di wilayah Galela, Sabtu (16/1/2021)

Informasi yang diperoleh dari warga setempat menyebutkan, hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah tersebut menyebabkan banjir yang menggenangi tiga desa, yakni Desa Ngidiho Kecamatan Galela Barat, Desa Togawa dan Desa Igobulla Kecamatan Galela Selatan.

Warga melaporkan, di Desa Ngidiho Kecamatan Galela Barat, tepatnya di Jembatan Tiabo, terjadi banjir akibat luapan Sungai kali Tiabo dgn ketinggian air lebih kurang 100 sampai 200 centimeter yang menyebabkan terputusnya akses jalan Trans Galela – Loloda.

Sedangkan di Desa Towaga dan Desa Igobulla Kecamatan Galela Selatan banjir melanda sejumlah pemukiman warga di dua desa tersebut.

Laporan yang diterima redaksi dari lapangan menyebutkan bahwa sampai saat ini masyarakat di ketiga desa tersebut belum dievakuasi dan berharap ada penanganan dari dinas terkait.

Baca Juga  Melalui Restorative Justice, Kajari dan Kapolres Damaikan Tamilouw-Sepa

Ketinggian air dilaporkan terus meningkat karena hujan belum berhenti sehingga dikhawatirkan bisa mengakibatkan korban jiwa.

Aparat kepolisian dari Polsek setempat dikabarkan telah memberikan imbauan agar warga menjauh dari lokasi banjir dan pengguna jalan raya diharapkan tidak memaksakan untuk menyeberangi lokasi banjir.

Sementara itu, di Kabupaten Halmahera Barat, hujan deras juga menyebabkan air sungai meluap dan menggenangi sejumlah desa.

Desa-desa yang dilaporkan tergenang banjir yakni Desa Ake Lamo Kecamatan Sahu Timur, Desa Ake Diri Kecamatan Jailolo dan Desa Domato Kecamatan Jailolo Selatan. (red)