Banjir Waitina: 102 KK Mengungsi, 98 Rumah Terendam Air

oleh -192 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Pulau Mangole, menyebabkan banjir di Desa Waitina, Kecamatan Mangoli Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, Sabtu (4/7/2020).

Seperti diberitakan media ini sebelimnya, banjir terjadi akibat meluapnya dua sungai di desa tersebut, yakni Wai Tebi dan Wai Senga yang membelah.

Luapan air menggenangi rumah warga setinggi paha orang dewasa membuat banyak warga masyarakat menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Sula, Hendra Umabahi mengatakan, 102 Kepala Keluarga terpaksa mengungsi dan 98 rumah terendam banjir.

Umabaihi juga mengatakan tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini, namun kerugian meteri diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Baca Juga  Bupati Pulau Morotai Dilantik Sebagai Kamabicab Gerakan Pramuka Kwarcab Morotai

Hendra juga bilang, saat ini tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Sula telah berada di lokasi.

“BPBD langsung ke lokasi banjir dan membantu para warga yang rumahnya terendam banjir dan melakukan pendataan korban dan kerusakan lainnya serta titik-titik sumber terjadinya banjir”, ungkapnya.

Hendra Umabaihi juga mengatakan, setelah mendapat informasi, pihaknya langsung bergerak turun ke lokasi banjir untuk membantu warga desa Waitina sekaligus memantau kondisi lapangan.

“Ada sekitar 20 orang Personil BPBD yang turun ke lokasi,” kata Hendra. (ifo)