Bank Indonesia Gelar Karya Kreatif Indonesia Virtual Jilid II

oleh -38 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Usaha Mikro Kecil Menengan (UMKM) diketahui menjadi tulang punggung penggerak perekonomian. Selain menghasilkan pemasukan bagi pemilik usahanya juga membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat. Berdasarkan data BPS tahun 2018, jumlah UMKM di Indonesia saat ini mencapai 64 juta unit. Dengan angka yang sedemikian besar, sudah tentu UMKM ini sangat berpegaruh pada perekonomian secara umum.

Namun dengan kondisi pandemi saat ini, pembatasan aktivitas masyarakat berdampak pada pendapatan UMKM secara keseluruhan. Dalam kondisi demikian Bank Indonesia mengambil langkah untuk turut memberikan kontribusinya pada upaya mendorong penguatan daya tahan UMKM salah satunya melalui Karya Kreatif Indonesia (KKI).

KKI merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia setiap tahunnya yang memamerkan produk-produk UMKM binaan Bank Indonesia dari setiap daerah dengan tujuan mengekspose produk tersebut kepada masyarakat baik di dalam negeri maupun luar negeri. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, KKI kali ini dilaksanakan secara virtual di masing-masing provinsi tempat Kantor Perwakilan Bank Indonesia dengan protokol kesehatan ketat dan undangan terbatas.

Baca Juga  Usai Debat Kandidat di Jakarta, Usman Sidik Langsung Dipanggil Menteri Desa

Walaupun pelaksanaan KKI tahun 2020 ini dengan model virtual, kegiatan ini dilaksanakan secara berseri agar dapat mendorong eksposure produk yang lebih besar kepada masyarakat. Seri pertama telah dilaksanakan pada tanggal 28 s.d. 30 Agustus 2020, seri kedua dilaksanakan pada 7 s.d. 9 Oktober 2020 dan seri ketiga dilaksanakan pada bulan November 2020.

KKI pada seri kedua kali ini mengusung tema Sinergi untuk UMKM Digital. Dalam agenda pelaksanaannya terdapat expo virtual, edukasi onboarding UMKM, fasilitasi business matching, business coaching, fashion show dan workshop. Pelaksanaan KKI di Provinsi Maluku mengikut sertakan 13 UMKM binaan Bank Indonesia yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan produk dalam bentuk fashion (kain), kriya (kerajinan) dan kuliner (makanan olahan).

Baca Juga  Rektor Unpatti: Inovasi dan Kreatifitas Harus Jadi Prioritas GMKI

UMKM binaan Bank Indonesia yang turut serta dari Provinsi Maluku ini berasal dari Kota Ambon dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke stand virtual dapat mengakses website KKI di https://karyakreatifindonesia.co.id. Kedepan Bank Indonesia akan terus mendorong perkembangan UMKM dengan bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga. (keket)