Bantuan Rumah di Uhe, Ranah Dinas Perumahan Maluku Bukan SBB

@Porostimur.com | Piru : Adanya pemberitaan tentang bantuan pembangunan perumahan layak huni bagi masyarakat miskin di Dusun Uhe, Desa Iha, Kecamatan Huamual dan dilansir beberaa media lokal, akhirnya diklarifikasi oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Zulkifli Soulisa, Selasa (12/11).

Menurutnya, bantuan dimaksuid merupakan bantuan Dinas Perumahan Rakyat Provinsi Maluku dan bukan program pihaknya.

Untuk itu, akunya, program yang disebut mengorbankan pasangan lansia La Siama (80) dan Wa Nasia (77), masuk dalam ranahnya Dinas Perumahan Rakyat Provinsi Maluku dan tidak ada sangkut pautnya dengan pihaknya.

”Untuk Diketahui bersama untuk bantuan rumah layak huni di Dusun Uhe, Desa Iha itu merupakan bantuan dari Provinsi Maluku, melalui Dinas Perumahan dan tidak ada andil dari Kabupaten SBB. Jadi terkait hal tersebut dikonfirmasi di provisi, kejelasan kenapa bisa terjadi pengalihan bantuan seperti itu,” ujarnya.

Jika sudah menerima bantuan tahapan awal seperti membuka rekening, tegasnya, maka bantuan dimaksuid tidak bisa dilalihkan kepada orang lain.

”Tetapi menurut saya, jika seseorang penerima bantuan dia telah melakukan proses administrasi awal penerimaan bantuan seperti telah membuka rekening, maka namanya tidak bisa dialihkan kepada yang lain. Jika itu terjadi harus melalui serah terima yang disetujui bersama dan menghadirkan para saksi termasuk fasilitator,” tegasnya.

Ditambahkannya, program bantuan perumahan layak huni ini hanya diberikan kepada warga yang memang miskin dan membutuhkan uluran tangan, bukannya diberikan kepada warga yang berkecukupan dari sisi ekonomi.

”Untuk itu saya tekankan bahwa bantuan rumah layak huni diperuntukkan bagi warga masyarakat yang betul-betul membutuhkan, bukan untuk mereka yang telah bercukupan. Seperti seseorang yang rumahnya telah beton, beratap seng, tidak dapat menerima bantuan tersebut. Jika itu terjadi maka oknum dan fasilitator akan dikenai sanksi dan bisa dipidana karena memanipulasi berkas,” pungkasnya. (doddy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: